Kerutan pada wajah umumnya disebabkan karena hilangnya kolagen dan elastisitas yang mengurangi volume kulit. Munculnya kerutan dan garis halus pada wajah mungkin terbilang normal sebagai salah satu tanda penuaan.

Tapi Beauty, hingga saat ini banyak wanita yang justru menghindari timbulnya kerutan dan garis halus pada wajah. Banyak hal yang memicu timbulnya kerutan pada wajah, salah satunya posisi tidur yang salah. 

Tidur tengkurap atau miring ke samping, membuat wajah secara langsung menempel dengan bantal. Gesekan dan kontak pada bantal membuat wajah tertarik dan juga terdorong. 

Beauty, memang enggak mudah untuk mengatasi kerutan pada wajah. Butuh perawatan ekstra dalam mencegah tanda penuaan itu. tapi, kamu bisa lho mencegahnya saat tertidur. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan berikut!

Pastikan tidur dalam keadaan wajah sudah bersih

Beauty hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah pastikan kondisi tubuh terutama wajah sudah dalam keadaan bersih sebelum tertidur. Gunakan rangkaian perawatan wajah agar kulit tetap terjaga kesehatannya ketika tertidur.

Saat tidur, kamu akan mengalami proses peremajaan kulit. Tidur dengan kondisi wajah yang kotor akan menyumbat pori-pori, sehingga proses peremajaan kulit enggak berhasil.

Ketika bangun di pagi hari, kamu akan menemui kulit wajah yang penuh dengan sebum dan munculnya garis halus tanda penuaan dini. 

Menggunakan retinol

Gunakan pula retinol yang dikenal ampuh untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A tersebut dapat merangsang kolagen yang bisa mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit. 

Gunakan krim malam

Selain itu, kamu dapat menggunakan krim malam yang bisa menutrisi kulit wajah. Pilihlah krim malam yang mengandung asam hialuronat, yang membantu mengencangkan kulit sehingga terhindar dari kerutan.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang Bakal Terjadi pada Kulit Akibat Kurang Tidur Menurut Para Ahli

Tidur telentang

Mengutip dari laman Health, Rabu (26/2/2020), tidur tengkurap atau miring memberikan tekanan pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan tersebut justru memicu timbulnya kerutan dan garis halus pada wajah.

Kamu bisa mengubah kebiasaan ini dengan tidur telentang lho Beauty! Tidur telentang membuat kulit wajah sepenuhnya bisa bernapas tanpa ada tekanan.

Mungkin posisi ini kurang disukai oleh kebanyakan orang dan bisa saja ketika tidur tubuh akan berganti posisi tanpa disadari.

Tapi, kamu harus membiasakan diri untuk tidur telentang untuk mencegah keriput yang bisa muncul pada wajah ketika tertidur.

Tidur dengan waktu yang cukup

Nah, terakhir kamu harus mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan menadapatkan waktu tidur yang cukup. Bnayak hli dan pakar yang mengatakan, penting untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Semoga bermanfaat!