Menu

Waspada Menopause Dini Ternyata Bisa Sebabkan Gagal Jantung, Ini Saran Ahli

05 Agustus 2022 14:20 WIB
Waspada Menopause Dini Ternyata Bisa Sebabkan Gagal Jantung, Ini Saran Ahli

Kram perut (Alodokter)

HerStory, Bandung —

Wanita yang memasuki usia 45 hingga 55 tahun umumnya akan mengalami gejala menopause. Menopause sendiri identik dengan perubahan siklus menstruasi. 

Namun, terdapat juga peristiwa di mana wanita bisa mengalami menopause dini sebelum usianya memasuki 40 tahun. Para peneliti menyelidiki penurunan kadar hormon bisa membuat orang-orang lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular. Yuk, simak penjelasan lebih detail berikut ini!

Menopause Dini Rentan Memicu Gagal Jantung

Terdapat studi yang menganalisis data dari 1,4 juta wanita Korea yang mengikuti pemeriksaan kesehatan melalui Sistem Asuransi Kesehatan Nasional negara tersebut.

Wanita yang mengalami menopause dini ini memiliki risiko gagal jantung 33 persen lebih tinggi dan fibrilasi atrium 9 persen lebih tinggi, yakni suatu kondisi yang menyebabkan irama jantung tak teratur selama rata-rata 9 tahun.

Sekitar 1 persen wanita diperkirakan akan terkena menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun.

"Wanita dengan menopause dini harus menyadari bahwa mereka lebih berisiko mengembangkan gagal jantung atau fibrilasi atrium daripada rekan-rekannya," kata Dr Ga Eun Nam, dari Korea University College of Medicine di Seoul dikutip dari Express.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Dokter Ahli Sebut Menopause Gak Perlu Ditakuti, Wanita Bisa ‘Menundanya’ Kok, Seperti Apa Ya?

Baca Juga: Aktris Senior Rima Melati Meninggal Karena Mengidap Gagal Jantung, Apa Penyebab Penyakit Ini?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.