Menurunnya gairah seksual bisa membuat hubunganmu dengan pasangan jadi renggang. Percaya atau tidak, keintiman seksual sangat berperan besar dalam kehidupan pernikahanmu. Sebenarnya gairah seksual atau libido turun merupakan masalah yang bisa dialami pria maupun wanita.

Libido adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dorongan atau keinginan melakukan aktivitas seksual. Tak perlu khawatir, kamu bisa tingkatkan gairah seksual dengan cara alami. Melansir dari Times of India, Selasa (29/9/2020) berikut cara meningkatkan gairah seksual pada wanita dan pria.

1. Konsumsi makanan yang bisa tingkatkan gairah seksualĀ 

Ada beberapa makanan yang memang dipercaya bisa meningkatkan libido seseorang. Makanan ini diklaim bisa tingkatkan kualitas kehidupan seksualmu dengan memicu gairah seksual secara maksimal. Makanan ini diantaranya, buah ara, pisang, alpukat dan coklat.

2. Bebaskan pikiranmu dari kecemasan dan tekanan mental

Salah satu dari banyak alasan yang bisa menyebabkan penurunan libido adalah tingkat kecemasan dan stres yang tinggi. Stres tak hanya membuatmu kehilangan konsentrasi pada aktivitas seksual, tetapi juga memicu pikiran negatif yang membuat rendahnya dorongan seks. Karenanya, sangat penting bagi untuk membebaskan pikiranmu dari semua stres dan cobalah hidup dengan pikiran positif.

3. Tidur yang cukup

Stres bisa menyebabkan kurang tidur, dampaknya membuatmu tak nyaman dan tak stabil. Untuk meningkatkan gairah seksual, penting bagimu untuk beristirahat dengan baik dan tidur yang cukup. Hal ini akan membuat tubuhmu rileks dan melepaskan semua racun dari tubuh.

Baca Juga: Suami Suka Cemburu Berlebihan? Jangan Kesal Dulu, Begini Tips Mengatasinya