Moms, apakah Si Kecil termasuk anak ekstrovert? Umumnya, anak ekstrovert senang mencari perhatian dari orang sekitar. Anak ekstrovert lebih aktif dari anak-anak lain, ia juga banyak bicara dan sering dibilang cerewet.

Menghadapi anak ekstrovert mungkin jadi salah satu ujian tersendiri bagi Moms. Karena terlalu aktif, Si Kecil yang ekstrovert akhirnya membuat Moms jadi kewalahan dan cepat lelah. Melansir dari ibudanmama.com, Jumat (2/10/2020) berikut tips mendampingi anak ekstrovert.

1. Berikan Mereka Kesempatan untuk Bicara

Biarkan Si Kecil mengerti bahwa Moms memahaminya. Untuk itu, berikan setidaknya beberapa menit baginya untuk bercerita. Namun, bukan berarti Moms memperbolehkan Si Kecil untuk terus berbicara tanpa menghargai orang sekitarnya.

Cara melatihnya bisa Moms lakukan di atas meja makan ketika makan malam bersama keluarga. Setiap orang diberikan giliran untuk bercerita. Kemungkinan besar Si Kecil akan mencoba memotong pembicaraan. Saat itulah Moms harus menahannya dan berkata “Tahan dulu. Nanti giliran kamu”. Kalimat tersebut memberikan pemahaman yang lebih baginya untuk berhenti berbicara dan menghargai orang lain ketika berbicara. Dengan demikian, Si Kecil akan terlatih untuk menghargai orang lain.

2. Jadwalkan Waktu Tenang

Anak ekstrovert memiliki sifat yang terlalu aktif. Hal ini kemungkinan besar akan membuat dia kelelahan yang tidak disadari. Terlalu senang beraktivitas berat membuatnya lupa akan ketahanan tubuhnya. Akibatnya, Si Kecil jadi mudah sakit. Belum lagi jumlah kalori yang terbakar di mana bisa saja membuat Si Kecil jadi kurang gizi.

Cara mengatasinya, pastikan Si Kecil memiliki waktu tenang dalam satu hari. Jadwalkan waktu tenang tersebut secara rutin. Moms dapat menyuruhnya duduk diam dan mendengarkan musik atau membaca buku. Bantu dia untuk mengerti manfaat me time baginya sendiri. Ide utamanya adalah membuat Si Kecil rileks dan tak berlebihan dalam beraktivitas.

Baca Juga: Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak