Usianya masih terbilang belia, tapi semangat mengejar cita-cita berhasil dilampauinya. Nurul Gusti Khatimah merasa bangga dengan pencapaiannya yang telah berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), 1 Februari 2020 lalu.

Namanya disebut dalam pidato Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoto, SE, MA, PhD. Bukan tanpa alasan, nama Nurul disebut karena prestasi yang membanggakan.

Mahasiswi FKUI angkatan 2016 ini berhasil menyelesaikan pendidikannya di usia yang masih belia, 19 tahun, dengan predikat Cum Laude IPK 3,55 yang diraihnya.

Senang bukan kepalang hati Nurul menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di universitas ternama di Indonesia. Terlebih lagi, seantero Balairung UI mengetahui hal tersebut ketika dengan bangga namanya disebut di antara 3.955 wisudawan UI. 

Baca Juga: Heboh Kontroversi RUU Ketahanan Keluarga, Mahasiswa Enggak Tahu Apa-Apa

Usai mengikuti rangkaian wisuda, Nurul mengungkap kebahagiannya kepada awak media. Ia mengaku kalau  menjadi seorang dokter adalah cita-citanya sejak dulu.

"Alhamdulillah seneng banget, selama ini kayak perjuangan dari kecil hingga impian buat masuk FKUI juga tercapai. Emang cita-cita aku tuh jadi dokter," ujarnya.

Gadis kelahiran 7 Agustus 2000 silam ini mengaku, sejak dulu ia sudah diarahkan oleh kedua orang tuanya untuk menjadi dokter. Terlebih lagi, latar belakang keluarganya yang lekat dengan bidang kesehatan.

"Dari awal, memang aku sudah diarahkan orang tua buat masuk ke kedokteran, karena keluarga juga ada di bidang kesehatan. Mamah aku bidan, kakak-ku dokter," katanya.

Bagi Nurul,  menjadi seorang dokter adalah pekerjaan yang sangat mulia. Ia bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat dan menyembuhkan banyak orang.

Bahkan, ketika nanti profesinya itu harus membuatnya tinggal di pelosok, Nurul menegaskan, dia enggak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Meskipun sekarang ini, ia harus menyelesaikan koas atau menjadi asisten dokter dan magang di salah satu rumah sakit.

"Kalau untuk sekarang, saya masih mikir koasnya dulu, tapi Insha Allah siap," tambah Nurul. 

Baca Juga: Viral! Mahasiswa UI Dapat Kado Wisuda Berupa Saham dari Sang Pacar, Begini Fakta Lengkapnya!

Mengutip dari laman fk.ui.ac.id, Kamis (27/2/2020), Nurul merupakan mahsiswa FKUI yang berhasil masuk lewat jalur SNMPTN 2016 lalu. Sebelumnya, Nurul diketahui telah menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 2 Tangerang Selatan.

Mengejar impiannya untuk menjadi dokter bukanlah hal yang mudah. Banyak suka duka yang harus dilalui Nurul, hingga ia mampu menyelesaikan pendidikan Sarjana Kedokterannya.

Menerapkan kebiasaan belajar dengan mencatat semua materi kuliah dan membacanya kembali, memudahkan Nurul saat ujian, sehingga ia mampu mendapatkan nilai yang memuaskan. 

Ternyata metode pembelajaran seperti itu sudah dilakukannya sejak duduk di bangku SMA. Jadi, wajar saja kalau ia lulus dengan predikat cum laude-nya tersebut.

Keren banget kan Beauty!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.