Menu

Kisah Inspiratif Penyintas Kanker, Eno Retno: 'Sembuh' dari Kanker Payudara, Kini Berjuang Melawan Kanker Otak

22 Agustus 2022 06:00 WIB
Kisah Inspiratif Penyintas Kanker, Eno Retno: 'Sembuh' dari Kanker Payudara, Kini Berjuang Melawan Kanker Otak

Eno Retno, penyintas kanker payudara dan kanker otak. (Instagram/@eno2508)

HerStory, Jakarta —

Beauty, wanita mana coba yang tak takut mendengar kata 'kanker payudara'. Mendengarnya saja sudah dibuat bergidik. Tak berlebihan karena kanker payudara merupakan salah satu kanker mematikan yang tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita.

Ketika seseorang didiagnosa mengidap kanker maka ia akan hidup untuk melawan penyakit ganas nan mematikan tersebut. Biasanya para penderita penyakit ganas ini pun akan melakukan beberapa perawatan yang dikenal mahal. Ada yang berhasil melakukan perawatan dan berhasil mengalahkan penyakit kanker, namun ada pula yang menyerah.

Dan, salah satu sosok wanita penyintas kanker yang terbilang 'tegar' akan takdir yang diembannya ini adalah Eno Retno. Ya, Eno Retno memang bukan selebritis. Namun namanya mencuat setelah berhasil menjadi cancer survivor yang jadi inspirasi banyak orang, khususnya kaum Hawa

Diketahui, Eno, sapaan akrabnya, pernah divonis mengidap kanker payudara medio 2019 lalu. Benjolan di sekitar payudara menjadi salah satu tanda yang ia rasakan. Ia pun menyadari ada benjolan di payudaranya, tetapi ia abaikan. Lama kelamaan benjolan itu pun semakin membesar, dan menimbulkan sakit yang luar biasa.

Eno mengaku, saat itu ia  kerap denial atau tak menerima dengan kecurigaan akan kanker. Eno pun terus mengabaikannya. Sebagai ikhtiarnya kala itu, Eno mengaku sempat mendatangi beberapa pengobatan akternatif. Namun bukannya makin membaik, benjolan di payudaranya itu makin lama makin memburuk.

Sampai suatu saat ia pun akhirnya datang ke dokter onkologi atas dorongan sahabat baiknya, Aktris Diah Permatasari, hingga akhirnya pada sekitar tahun 2020 Eno pun diagnosa positif kanker payudara stadium 4B alias stadium akhir. Yang lebih ironisnya lagi, ternyata kanker yang diderita Eno sudah menyebar hingga ke seluruh tubuh bagian bawahnya.

"Dari sekitar akhir-akhir 2019 itu aku merasakan sakit dan ada benjolan. Setelah 3 bulan makin sakit, aku ke RS Siloam, udah di radiologi, ada 3 rangkaian tes, dokternya bilang saat melihat hasil USG ini kemungkinan cancer tapi gak tau ganas atau enggak karena belum di biopsy. Saat itu aku denial. Temen-temen juga ngelarang, aku juga takut, dan akhirnya aku drop. Pokoknya banyak banget pikiran, padahal jangan begitu. Setelah drop, aku coba ke pengobatan alternatif, obat smua aku beli, tapi malah makin sakit dan makin gede,” tutur Eno, saat berbincang dengan HerStory, belum lama ini.

Baca Juga: Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

Baca Juga: Mampu Cegah Kanker Payudara! Ternyata Akibat Likopen, Kandungan Ajaib yang Ada dalam Tomat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: