Moms, mungkin kamu sudah tahu betapa sulitnya menjadi seorang ibu tunggal yang harus membesarkan buah hati sendirian. Belum lagi, banyak tantangan-tantangan lain yang perlu dihadapi. Mulai dari urusan finansial, menjalani peran sebagai tulang punggung keluarga, mengurus anak, hingga menghadapi stigma masyarakat yang masih sulit dihilangkan.

Meski terasa sulit, bukan berarti harus menyerah dengan keadaan. Hal ini perlu dihadapi dan buktikan kepada buah hati kalau ibu tunggal enggak kalah hebatnya, meski melakukan apa pun sendirian.

Berikut ini HerStory rangkum tantangan-tantangan umum yang kerap dihadapi ibu tunggal dan cara mengatasinya,  seperti disadur dari laman Moms, Selasa (6/10/2020). 

Merasa sendirian

Hal ini menjadi masalah utama bagi seorang ibu tunggal, apalagi kalau enggak memiliki keluarga atau teman dekat yang bisa membantunya. Semua hal kamu lakukan seendirian untuk mengurus buah hati. Bahkan, kamu juga harus menjadi tulang punggung untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan cara bekerja.

Tapi Moms, jangan takut untuk merasa sendirian saat menjadi orang tua tunggal. Kamu bisa menemukan kelompok dukungan lokal orang tua tunggal untuk bersandar. Singkatnya, cari orang yang senasib denganmu (ibu tunggal) untuk saling menguatkan.

Baca Juga: 5 Hadiah Terbaik yang Bisa Kamu Berikan Untuk Putri Kecilmu