Saat setelah melahirkan seringkali Moms merasa kesulitan tidur. Apalagi harus bangun setiap 3-4 jam karena bayi yang bangun dan harus diberikan ASI.

Padahal, seharusnya ibu yang baru melahirkan beristirahat yang cukup supaya enggak kelelahan dan produksi ASI membaik. Kesulitan tidur ini biasanya terjadi 1-2 minggu setelah melahirkan.

Melansir dari The Asian Parent (6/10/2020), berikut cara tepat agar Moms bisa tidur dengan nyenyak. Yuk disimak!

1. Relaksasi

Relaksasi ini bisa dilakukan dengan meditasi dan yoga. Enggak perlu gerakan yang rumit, cukup lakukan gerakan yang membuat Moms merasa nyaman. Lakukanlah sebelum tidur dengan duduk posisi bersila, hela napas, dan buang perlahan-lahan. Cara ini akan membantu Moms merasa lebih rileks dan lebih nyenyak saat tidur.

2. Lakukan pijatan

Memijat dapat membantu Moms lebih nyenyak untuk tidur. Lakukanlah pijatan ringan pada tubuh. Pijatan ini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stres.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membuat Moms merasa lebih tenang, rileks, dan membuat kadar hormon menjadi lebih stabil. Akan lebih maksimal lahi jika setelah mandi air hangat, Moms mengoleskan minyak esensial di sekujur tubuh agar merasa lebih rileks. Perlu diperhatikan agar tidur lebih nyenyak, pilihlan baju tidur yang berbahan katun dan nyaman dikenakan.

Baca Juga: Ternyata! Ini Lho Penyebab dan Cara Atasi Rasa Lelah tanpa Sebab!