Menu

Stop! Penderita Diabetes Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Gak Mau Gula Darah Melejit

24 Agustus 2022 09:06 WIB
Stop! Penderita Diabetes Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Gak Mau Gula Darah Melejit

Junk food. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, penderita diabetes tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi bahkan bisa meregang nyawa. Diabetes, ditandai dengan kadar gula tinggi.

Agar kadar gula darah dala tubuh tetap stabil, penderita diabetes tidak mengonsumsi makanan secara sembarangan. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa memicu naiknya gula darah.

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes, dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Makanan Mengandung Lemak Trans

Lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang merupakan penyebab diabetes. Makanan pantangan diabetes ini juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol baik HDL.

Mematuhi pantangan makanan tinggi lemak trans dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskuler akibat diabetes. Beberapa jenis makanan kaya lemak trans adalah keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan.

Lemak trans juga sebagian besar ditemukan pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

2. Roti, Nasi Putih, dan Tepung Olahan

Konsumsi roti putih, nasi putih, dan pasta dalam jumlah banyak mudah menaikkan gula darah pasien diabetes. Meski pun termasuk pantangan, bukan berarti pasien diabetes sama sekali tidak boleh makan roti, nasi putih, atau pasta sama sekali.

Penderita diabetes masih boleh mengonsumsi makanan ini, tapi cobalah batasi porsinya. Sebaiknya beralih juga ke sumber karbohidrat yang kaya serat, vitamin, dan mineral.

Geniple bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat yang aman untuk diabetes seperti nasi merah, jagung, atau ubi jalar. Sementara untuk roti putih dan pasta, bisa diganti dengan roti gandum atau pasta gandum yang lebih sehat.

Baca Juga: Diabetesi Tak Perlu Takut Konsumsi Madu, Khasiatnya Ampuh Kendalikan Kadar Gula Darah Moms, Intip 3 Manfaatnya Lainnya Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.