Moms, beberapa anak tak mau tidur sendiri karena takut gelap atau hantu. Saat anak terbiasa tidur bersama orangtuanya, ia akan sulit untuk belajar tidur sendiri di kamar yang terpisah. 

Padahal Moms, anak yang berani tidur sendiri akan menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab, lho! Selain itu, Moms dan suami juga bisa tidur lebih nyenyak. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020) berikut tips agar anak mau tidur sendiri.

1. Siapkan kamar yang nyaman untuk anak

Sebelum Moms meminta anak tidur sendiri di kamarnya, pastikan kamar anak sudah nyaman dan menarik. Kondisi kamar anak juga sebaiknya sleep-friendly, menenangkan, dan jauh dari suasana yang membangkitkan mimpi buruk. Bicara soal lingkungan kamar yang sleep-friendly, definisi tiap anak pasti berbeda-beda. Untuk itu, Moms perlu membicarakan urusan dekorasi kamar dengan anak, tentunya agar ia bisa menentukan hal yang bisa membuatnya tidur lelap di kamarnya sendiri.

2. Ciptakan rutinitas sebelum tidur

Agar anak tak rewel ketika diminta tidur sendiri, Moms bisa menciptakan rutinitas sebelum tidur. Rutinitas tersebut membuatnya lebih siap tidur, bahkan jika tidurnya tak bersama Moms. Contoh rutinitas yang bisa dicoba adalah mandi air hangat, membaca beberapa buku dongeng, atau hal sesederhana pelukan hangat bersama Moms dan ayahnya. Ketika semua rutinitas itu sudah terpenuhi, maka anak akan lebih siap tidur di kamarnya sendiri.