Semakin bertambahnya umur, tentu si kecil juga akan semakin bertumbuh dan mulai mengeksplorasi segala hal di dekatnya. Agar proses tumbuh anak dapat terealisasikan dengan baik, tentu saja peran orang tua menjadi salah satu faktor terpenting.

Namun, untuk membantu tumbuh kembang anak,orang tua juga perlu memahami setiap tumbuh kembang anak berdasarkan umurnya. Setiap umur anak memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda sehingga untuk membantunya bereksplorasi orang tua juga perlu mengetahuinya.

“Dalam menemani anak bereksplorasi dan berekspresi, orang tua harus memahami apa saja yang terjadi di tiap tahapan tumbuh kembang anak,” ujar psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo saat menghadiri Zoom Virtual Kick Off Cussons Bintang Kecil 9 pada Jumat (9/10/2020).

Enggak hanya itu saja, orang tua juga perlu mempelajari apa saja permainan yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil dan perlunya konsistensi dari orang tua untuk turut mendampingi proses tumbuh kembang anak.

“Orang tua juga harus mempelajari mengenai apakah materi bermain dan stimulasi yang harus dipersiapkan. Dan yang terpenting adalah diperlukannya konsistensi dari orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak-anak mereka,” jelas Psikolog Vera Itabiliana.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Cussons ini, terdapat workshop yang dapat membantu orang tua untuk mendukung proses tumbuh kembang si kecil. Perlu diketahui sekali lagi bahwa tumbuhkembang anak berbeda tiap umurnya.

Baca Juga: Bisa Buat Anak Makin Cerdas, Ini 5 Permainan yang Dapat Mengasah Otak Anak!