Menu

Kata Siapa Sulit? Menangkan Anak Butuh Kesabaran Ekstra, Ini Cara Mudah Tenangkan Anak yang Tantrum! Cuss Buktikan Moms

31 Agustus 2022 11:25 WIB
Kata Siapa Sulit? Menangkan Anak Butuh Kesabaran Ekstra, Ini Cara Mudah Tenangkan Anak yang Tantrum! Cuss Buktikan Moms

Ilustrasi menghadapi tantrum pada anak (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjadi orangtua adalah hal yang sangat sulit. Terlebih apabila anak sedang tantrum dan rewel. Kesabaran para orangtua akan sangat di uji pada titik ini kan Moms? Bahkan, tak jarang orangtua pada akhirnya mengomel karena kewalahan mengurusi anak.

Bagi para orangtua yang sering kesulitan di situasi ini, tak ada salahnya untuk belajar ilmu parenting dari salah satu video TikTok yang tersebar luas di Twitter berikut.

Dalam video ini terlihat bagaimana seorang ibu berusaha menenangkan anak dan mengajarkannya untuk minta maaf.

"Punya 2 anak cowok yang hampir seumuran adalah hal yang kadang menguras emosi aku dan suami, sampai kadang merasa hampir putus asa. Ternyata jadi orangtua itu berat," tulis pemilik akun, @yayaharyo pada caption video.

Awalnya terlihat ia membawa sang anak sulungnya yang menangis masuk ke ruangan lain. Ia duduk dan membiarkannya menangis kurang lebih 3 menit sampai emosinya mereda.

"Udah bisa diajak ngomong belum? Apa masih mau nangis?" tanyanya kepada sang anak.

Saat tangisan sudah mereda, ia mengajak anak untuk ikut duduk dan mengidentifikasi kesalahannya, di mana sudah merebut mainan adik.

Setelah diberitahu baik-baik akan kesalahannya, di akhir video akhirnya sang kakak meminta maaf dan memeluk sang adik.

Pada usia 3-8 tahun, anak-anak memang membutuhkan bantuan untuk menenangkan diri dari emosi yang kuat. Di sini lah kehadiran orangtua diperlukan.

Seperti yang dirangkum dari laman imperfect families, ada lima langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menenangkan anak  dan diri sendiri saat menghadapinya.

1. Jaga diri kamu tetap tenang

Penting bagi orangtua untuk mengendalikan diri. Lakukan apa yang perlu dilakukan untuk tetap tenang sehingga dapat membantu anak melalui emosinya. Kamu mungkin membutuhkan udara segar, segelas air, atau banyak ambil napas dahulu.

2. Lewati rasionalisasi

Pada momen ini, anak tak bisa berpikir logis. Sangat wajar anak menangis karena kesal akan sesuatu yang kecil atau sama sekali tak rasional bagi orang dewasa. Tapi cukup simpan dulu penalaran itu dan beri pengertian ketika anak sudah tenang.

Baca Juga: Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

Baca Juga: Waduh! Bikin Penat, 8 Tips Penting Supaya Nggak Membandingkan Diri dengan Pengasuhan Anak Lain, Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.