Menu

Beauty, Ini Bahaya yang Mengintaimu Jika Kamu Sering Tidur Sambil Duduk, Jangan Sepelekan Ya!

01 September 2022 14:51 WIB
Beauty, Ini Bahaya yang Mengintaimu Jika Kamu Sering Tidur Sambil Duduk, Jangan Sepelekan Ya!

Ilustrasi tertidur dengan posisi duduk. (Freepik/diana.grytsku)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang mungkin sering mengalami tidur sambil duduk. Apakah kamu salah satunya? Tidur sambil duduk adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan Moms. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa membahayakan tubuh.

Saat tidur, kamu akan melewati beberapa siklus. Nah, ketika kamu memasuki tahapan akhir dalam setiap sklus, yaitu tahapan tidur Rapid Eye Movement (REM), kamu akan merasa seolah otot kehilangan kekuatannya.

Alhasil, pada saat itu, kamu akan merasa seperti sedang mengalami kelumpuhan. Hal ini terjadi demi mencegah kamu melakukan banyak pergerakan selama sedang bermimpi. Pasalnya, mimpi biasanya terjadi pada tahapan ini.

Nah, kelumpuhan sementara yang terjadi saat tidur ini membuat posisi tidur sambil duduk terasa tak nyaman ketimbang saat tidur dalam posisi telentang, menyamping, maupun tengkurap.

Tak hanya itu, menurut Sleep Foundation, tidur dalam posisi tersebut meningkatkan risiko mengalami deep vein thrombosis (DVT). Ini adalah kondisi yang memiliki gejala adanya penggumpalan darah pada pembuluh darah.

Biasanya, gumpalan darah terdapat pada paha atau betis setelah duduk berjam-jam atau dalam waktu yang cukup lama. Masalahnya, tanpa penanganan segera, DVT dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Baca Juga: Tak Usah Gunakan Obat Tidur, 3 Cara Ini Bikin Tidur Kamu Nyenyak Lho..

Baca Juga: Katanya, Kurang Tidur Sebabkan Tubuh Nyeri Keesokan Harinya, Kok bisa Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.