Menu

3 Gangguan Kesehatan yang Mengintai Wanita Usia 40-an, Siap-siap Moms!

01 September 2022 18:25 WIB
3 Gangguan Kesehatan yang Mengintai Wanita Usia 40-an, Siap-siap Moms!

Illustrasi Wanita Alami Menopause (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Baik wanita maupun pria akan mengalami masa menopause. Bedanya, wanita akan lebih cepat mengalami menopause yakni saat memasuki usia 45-55 tahun. Menopause ditandai dengan penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh.

Kondisi inilah yang menyebabkan banyak perupahan pada wanita setelah menopause. Berikut ini beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang rentan dialami wanita setelah menopause, yaitu:

1. Diabetes

Mengutip dari Hello Sehat, diabetes menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami wanita setelah menopause. Pemicunya adalah estrogen yang rendah dapat meningkatkan resistensi insulin, yang memicu makan camilan lebih banyak.

Wanita setelah menopause akan lebih rentan terkena diabetes, appalagi jika sudah memiliki faktor keturunan untuk diabetes, riwayat Polycystic Ovary Syndrome, diabetes gestasional, atau memiliki berat badan berlebih.

2. Hot Flushes

Hot Flushes terjadi akibat pelebaran pembuluh darah yang mendadak pada menopause. Kondisi ini ditandai dengan tubuh terasa panas dan berkeringat secara tiba-tiba.

Di samping itu, emosi juga enggak stabil, marah dan kadang disertai rasa gelisah. Sekitar 75 persen wanita yang mulai memasuki masa menopause akan mengalami kondisi ini.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.