Moms, buah-buahan merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh buah hati, pasti akan sangat menyenangkan bila anak Moms memiliki kegemaran dalam memakan buah. Buah sendiri memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral yang tentu saja baik untuk tubuh si kecil.

Tapi, meskipun baik untuk tubuh anak, mengonsumsi buah-buahan juga enggak boleh berlebihan, lho! Menurut Departemen Kesehatan RI, untuk anak-anak yang berusia 1 hingga 9 tahun membutuhkan asupan serat sebesar 16 hingga 26 gram dalam satu hari.

Kebutuhan serat ini didapatkan dari makanan sehari-hari, terutama pada sayuran dan juga buah. Untuk memenuh kebutuhan serat tersebut buah hati dalam rentang usia tersebut dalam sehari disarankan mengonsumsi buah dengan jumlah berikut ini:

Untuk usia dua hingga tiga tahun sebanyak 175 gram buah, atau setara dengan 1 potong besar pepaya. Kemudian untuk usia empat hingga delapan tahun sebanyak 175 sampai 260 gram atau setara dengan dua buah jeruk, terakhir untuk usah sembilan hingga 13 tahun sebanyak 260 gram buah atau setara dengan 4 buah stroberi ukuran besar.

Moms, bisa memberikan buah-buahan dengan warna, bentuk, serta struktur yang bervariasi sesuai dengan usia dan jenis buah yang mereka sukai. 

Baca Juga: Lebih Seru, Ini Cara Jitu Mengajar Anak Membaca! Yuk, Dicoba, Moms!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Moms!?