Beauty, taukah kamu? tak hanya untuk pria saja, olahraga beladiri juga perlu dipelajari oleh wanita. Mengingat tingkat kejahatan yang semakin tinggi, para wanita harus mandiri dan mampu melindungi diri sendiri.

Selain itu, beladiri juga memberikan sederet manfaat mulai dari segi kesehatan hingga kecantikan, lho! Melansir dari Halodoc, Selasa (13/10/2020) berikut olahraga beladiri yang aman dilakukan wanita.

1. Muay Thai

Kalau kamu sedang mencari jenis bela diri yang sekaligus bisa menurunkan berat badan, muay thai adalah bela diri yang tepat. Olahraga yang berasal dari Thailand ini membuat hampir seluruh bagian tubuhmu bergerak, sehingga hanya dalam satu kali latihan saja, kamu sudah bisa membakar sekitar 800 hingga 1200 kalori dalam tubuh. Selain itu, muay thai juga akan mengajarkanmu teknik-teknik bela diri seperti pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut yang sangat berguna untuk melawan musuh atau pelaku kejahatan.

Jika bela diri ini dilakukan secara rutin, maka tubuh akan terasa lebih stabil, konsentrasi meningkat, dan refleks serta elastisitas siku, lutut, tangan dan kaki terlatih lebih cepat.

2. Kick Boxing

Seperti namanya, kick boxing adalah olahraga untuk pertahanan diri yang berfokus pada tendangan cepat dan juga pukulan. Gerakannya yang meliputi meninju dan menendang samsak sangat efektif untuk mengencangkan lengan dan betismu. Dengan berlatih kick boxing, kamu bisa menangkis serangan musuh yang memiliki pisau atau senjata tajam di tangannya dengan tendangan cepat.  

Kamu pastinya ingin punya bentuk tubuh yang indah kan. Nah, berlatih kick boxing secara rutin dapat membantu membentuk bagian lengan, otot perut, paha, dan betis agar terlihat lebih kencang. Kick boxing juga dapat meningkatkan refleks tubuh sehingga kamu dapat bergerak sigap ketika ada orang yang menyerangmu secara tiba-tiba.