Menu

Baru Tahu Sekarang... Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Ginjal Rusak, Nomer 2 Pasti Banyak yang Gak Nyangka!

06 September 2022 10:05 WIB
Baru Tahu Sekarang... Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Ginjal Rusak, Nomer 2 Pasti Banyak yang Gak Nyangka!

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Bogor —

Beauty, organ ginjal bisa dibilang bak pejuang tubuh manusia. Dia bertugas menyeimbangkan cairan, elektrolit, dan zat terlarut untuk menyaring air dan membuang darah kita untuk membuat sekitar 1.500 mililiter (50 ons cairan) urin setiap hari.

Hal ini ditangani oleh satu juta unit fungsi setiap ginjal yang disebut "nefron" yang meliputi tubulus, anggota badan, dan struktur lainnya, bersama dengan glomeruli, yang menghasilkan ultrafiltrat.

Dan perlu kamu ketahui, Beauty, setidaknya ada dua penyakit kronis yang ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Dia adalah diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Adapun, penyakit ginjal pada akhirnya diklasifikasikan menjadi empat kondisi, yakni batu ginjal, cedera ginjal akut, penyakit ginjal kronis (CKD), atau penyakit ginjal stadium akhir (ESRD).

Karenanya, membatasi asupan natrium dan lemak jenuh adalah cara utama untuk mengurangi risiko atau mengelola diabetes dan hipertensi, yang dapat melindungi dari penyakit ginjal.

Dengan adanya penyakit-penyakit ini bisa dikatakan bahwa ginjal adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, tetapi mereka juga dapat rentan terhadap kerusakan jika kita tidak merawatnya dengan perilaku sehat, termasuk apa yang kita makan.

Dan dikutip dari Eat This, berikut lima makanan utama yang harus dihindari untuk melindungi ginjal kita, Beauty. Yuk simak!

1. Daging olahan

Daging yang telah diproses, seperti bacon, sosis, hot dog, daging deli, dan roti burger merupakan ancaman ganda bagi kesehatan ginjal. Karena kemungkinan besar makanan ini mengandung sodium dan protein hewani. 

Asupan natrium berlebih melebihi 2.300 miligram (mg) per hari, secara teratur, kondusif untuk diet yang dapat meningkatkan tekanan darah, dan ini menciptakan tekanan ekstra pada ginjal. Karena, disarankan dalam literatur terbaru bahwa lebih banyak protein hewani daripada protein nabati dalam makanan dapat meningkatkan laju perkembangan penyakit ginjal.

Baca Juga: Peringati Hari Ginjal Dunia, Waspada! Ini Dua Penyebab Penyakit Ginjal Kronik

Baca Juga: Angka Kematian Penyakit Ginjal Meningkat, Dokter: Cegah dengan Rutin Cek Kesehatan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.