Menu

Beauty Wajib Tahu, Ini 6 Tips Mencegah Infeksi Miss V saat Musim Hujan Menurut Dokter Ahli, Cuss Praktekin!

06 September 2022 15:05 WIB
Beauty Wajib Tahu, Ini  6 Tips Mencegah Infeksi Miss V saat Musim Hujan Menurut Dokter Ahli, Cuss Praktekin!

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash Jen Theodore)

HerStory, Bogor —

Beauty, menjaga ph dan mikroflora di dalam vagina alias Miss V adalah dua faktor terpenting untuk menjaga Miss V-mu tetap sehat.

Dan ternyata, musim hujan dapat membuat wanita rentan terhadap infeksi Miss V dan saluran kemih karena cuaca yang terus lembab dan sempurna untuk pertumbuhan mikroorganisme.

Kandidiasis vagina atau infeksi jamur adalah infeksi paling umum pada wanita selama musim hujan. Ini adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh ragi dan ditandai dengan keluarnya cairan putih kental yang banyak berhubungan dengan vulva yang intens dan gatal-gatal pada Miss V.

Ini pun akan berdampak pada kesuburan, selain membuatmu merasa tak nyaman dengan menyebabkan iritasi, drainase, dan gatal-gatal parah.

Ya, wanita lebih rentan terhadap infeksi Miss V jika mereka mempraktikkan kebersihan yang buruk, menggunakan bahan yang menyebabkan iritasi, memakai pakaian dalam yang ketat, atau menggunakan tampon/pembalut untuk jangka waktu yang lama.

Untuk memahami bagaimana kita mencegah infeksi Miss V, dr. Mallika Solanki, M.B.B.S., M.S., selaku Dokter Kandungan dan Ginekolog, pun memberikan tipsnya.  

Menurutnya, tak semua infeksi dapat dicegah, tetapi berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan di musim hujan untuk mencegah infeksi Miss V, sebagaimana dikutip dari Pink Villa, Selasa (6/9/2022). Yuk simak!

1. Jagalah agar Miss V atau vulva tetap bersih dan kering

Selama musim hujan, tingkat pH Miss V akan turun sebagai akibat dari peningkatan kelembaban yang membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi Miss V. 

Bersihkan vulva/ Miss V-mu dengan air hangat dan hindari sabun apa pun.  Untuk tetap aman, cuci Miss V setidaknya dua kali sehari. Kemudian, hindari berlama-lama memakai pakaian dalam yang basah. Kelembaban ini dapat menyebabkan infeksi jamur.

Ingat, selalu bersihkan Miss V dari depan ke belakang. Menyeka dari belakang ke depan dapat membawa bakteri dari rektum menuju uretra dan meningkatkan kemungkinan infeksi. 

Sabun wangi, produk kebersihan kewanitaan dengan banyak wewangian dan bahan kimia juga dapat menyebabkan infeksi Miss V.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.