Menu

Awas, Sensasi Sakit di 3 Area Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Ujung-ujungnya Bisa Mengancam Nyawa!

07 September 2022 14:05 WIB
Awas, Sensasi Sakit di 3 Area Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Ujung-ujungnya Bisa Mengancam Nyawa!

Ilustrasi kaki yang mengalami penggumpalan darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, memiliki kolesterol dalam tubuh sebenarnya tak menunjukkan bahaya. Faktanya, sejumlah kolesterol dibutuhkan untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun, jika kadar kolesterolmu tak terkendali dan meningkat di luar kisaran normal, maka itu bisa mengkhawatirkan.

Ya, kolesterol jahat yang menumpuk di arterimu mungkin tak terlihat melalui gejala, juga tak akan tercermin melalui penampilan fisik seseorang. Namun, dengan kolesterol tinggi, seseorang dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah, yang dapat mempersulit cukup darah untuk melewati dan mengalir melalui arteri.

Selain itu, terkadang, endapan ini dapat pecah dan membentuk gumpalan, yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Karenanya, para dokter dan ahli medis di seluruh dunia pun terus menekankan pentingnya diet dan olahraga, terutama untuk penyakit yang berhubungan dengan jantung, termasuk kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Pahami risiko aterosklerosis dan PAD

Kolesterol tinggi yang tak diobati dapat menyebabkan beberapa masalah. Seperti disebutkan, dapat menyebabkan timbunan lemak, juga dikenal sebagai plak, di dalam dan di dinding arteri, yang dapat mempersempit arteri, dan menghalangi aliran darah ke jantung dan bagian tubuh lainnya. Proses ini disebut aterosklerosis.

Penyempitan arteri dan penyumbatan dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tubuh bagian bawah, terutama kaki, menyebabkan kondisi yang disebut penyakit arteri perifer atau PAD, yang bisa sangat 'menyakitkan'.

Baca Juga: Hati-hati, Kolesterol Tinggi Bisa Memperpendek Umur Lho! Itu karena...

Baca Juga: Coba 4 Cara Ampuh Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.