Beauty, kamu tahu nggak sih kalau teknik kerokan merupakan sebuah pengobatan tradisional yang berasal dari masyarakat Jawa dan untuk melakukan teknik ini kamu membutuhkan benda tumpul yang nantinya akan digesekkan ke permukaan kulit kamu. Mungkin beberapa dari kamu sudah pernah mencoba teknik ini. Tapi, sebenarnya teknik kerokan ini bisa enggak, sih, sembuhkan masuk angin?

Sebelum kita mengetahui apakah teknik ini ampuh atau enggak, kita coba cari tahu dulu yuk mengenai teknik tradisional ini. Jadi, sebelum diperkenalkan oleh masyarakat Jawa, teknik kerokan ini sudah digunakan oleh masyarakat di Asia Timur, di sana teknik ini disebut dengan istilah Gua Sha.

Metode ini sendiri biasanya digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri otot serta tubuh yang tegang. Mirip dengan teknik kerokan, Gua Sha juga menggunakan sebuah benda tumpul yang digesekkan ke permukaan kulit yang nantinya akan menghasilkan memar kecil yang berwarna merah.

Kedua teknik ini mampu membantu untuk menghancurkan jaringan parut dan jaringan ikat, serta bisa meningkatkan pergerakan sendi, lho! Kemudian, metode ini enggak akan menimbulkan sebuah efek samping yang fatal atau serius untuk tubuh kita. Meski begitu, untuk beberapa orang yang memiliki masalah medis tertentu, enggak disarankan untuk menggunakan metode ini.

Nah, kembali ke pertanyaan awal. Apakah teknik kerokan benar-benar bisa mengatasi masalah masuk angin? Banyak orang masih mempercayai bahwa teknik ini bisa membantu menghilangkan masalah masuk angin, namun menurut beberapa ahli ini hanya mitos, lho!

Menurut Dr. Dewi Ema Anindia mengataka bahwa kerokan enggak benar-benar mampu mengatasi masalah masuk angina atau penyakit lainnya, namun hanya mengurangi gejala dari masalah masuk angina tersebut. 

Hal ini juga pernah dikatakan oleh Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD. Dirinya mengatakan bahwa teknik ini mampu membantu kamu dalam melancarkan peredaran darah, tapi enggak untuk mengatasi sebuah penyakit, seperti flu.

Meski enggak mampu mengatasi masalah, metode kerokan ini bisa memberikan dampak baik untuk tubuh kamu seperti meningkatkan kadar beta endorfin secara drastic. Hal ini bisa terjadi karena kerokan bisa menyebabkan glandula pituitaria menjadi aktif pada sel keratinosit dan sel endotel kapiler.

Jika ini terjadi maka tubuh akan menghasilkan endorfin yang mampu membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan terasa lebih baik.

Baca Juga: Wow! Inilah Tips Kecantikan Wanita Pekerja Lapangan

Semoga sudah terjawab ya, Beauty semua pertanyaan kamu! Semoga bermanfaat!