Sheet mask jadi pilihan instan ketika wanita ingin memiliki tampilan kulit yang lembap serta kenyal. Tak heran jika wanita-wanita di korea sangat mencintai sheet mask di dalam tahap skin carenya.

Dalam satu lembar sheet mask, biasanya ditujukkan hanya untuk satu masalah tertentu. Penggunaannya pun juga memiliki aturan tersendiri. Dalam acara Exclusive Urban Sanctuary Tour Press Conference L’Oréal Paris Pro Youth Face Mask, Kamis (27/2/2020), dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV, mengimbau bahwa sheet mask enggak boleh digunakan semalaman.

Baca Juga: Seberapa Sering Harus Menggunakan Sheet Mask? Ini Kata Dematologis, Catat Ya!

"Kalau terlalu lama pakai sheet mask itu ada kandungan air di dalamnya. Air ini sebenarnya media yang bagus untuk mikroorganisme tumbuh, misalnya bakteri. Untuk mencegah mikroorganisme tumbuh biasanya ditambahkan bahan pengawet gitu atau ditambah pewangi atau bahan2 lainnya," tuturnya.

Oleh sebab itu, dr. Litya berkata sebaiknya menggunakan sheet mask sesuai anjuran yang ditentukan. Bahan tambahan yang ada di dalam sheet mask bisa membuat kulit iritasi jika didiamkan lebih lama dikulit.

"Jadi kalau dipakai lebih lama dari waktu yang ditentukan, mungkin bahan aktifnya sendiri enggak memberi efek samping tapi bahan2 tanbahannya itu yang mungkin menyebabkan iritasi," katanya.