Beauty, pernahkan kamu refleks meregangkan badan setelah bangun tidur, duduk lama atau saat sedang bosan? Kalau orang bilang 'ngulet' namanya. Ngulet atau menggeliat adalah aktivitas meregangkan tubuh dengan menarik-narik tangan dan badan.

Ngulet dianggap sebagai cara alami sistem saraf untuk membangunkan sistem motorik sensorik agar siap untuk dipakai beraktivitas. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/10/2020) berikut alasan dan manfaat ngulet.

1. Melemaskan otot dan sendi

Setelah tidur atau duduk selama berjam-jam, tubuh pasti terasa kaku, tegang dan berat karena alasan lainnya. Misalnya karena kamu kurang berolahraga, tidur tak nyenyak, pola makan yang tak seimbang, atau suhu ruangan yang terlalu dingin. Karena tubuh terasa berat dan kaku, kamu akan semakin malas gerak. Otot dan sendi kemudian mengirimkan sinyal pada otak untuk melakukan peregangan. Itulah mengapa kamu cenderung menggeliat di tempat tidur atau kursi setelah lama tak bergerak. Dengan begitu, otot dan sendi akan ikut bangun dan menyiapkan diri untuk segera beranjak dan beraktivitas.  

2. Meningkatkan suhu tubuh

Selama kamu tidur, suhu tubuh akan menurun hingga mencapai 35 derajat Celsius. Padahal, suhu normal tubuh di pagi dan siang hari adalah sekitar 37 derajat Celsius. Belum lagi jika kamu tidur di ruangan yang suhunya cukup rendah. Selama suhu tubuh masih terasa dingin, tubuh pun akan mengira bahwa ini belum waktunya untuk bangun. Akibatnya, pikiranmu sudah terjaga tetapi rasanya sulit sekali untuk beranjak dari tempat tidur. Untuk meningkatkan suhu tubuh, kamu pun akan mengulet. Ngulet bisa membantu menghangatkan tubuh supaya kamu jadi lebih mudah untuk bangkit dari kursi atau kasur.

Baca Juga: Beauty, Mau Bangun Tidur tapi Tetap Cantik? Yuk, Rutin Lakukan Ini!