Menu

Wajib Ada! Hempas Komedo dengan Mudah, Ini 5 Skincare Ampuh yang Bisa Bikin Kulit Mulus Seketika, Cuss Coba Sekarang!

09 September 2022 13:25 WIB
Wajib Ada! Hempas Komedo dengan Mudah, Ini 5 Skincare Ampuh yang Bisa Bikin Kulit Mulus Seketika, Cuss Coba Sekarang!

Ilustrasi sedang menggunakan pore pack untuk mengatasi komedo. (Freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Bagi wanita, komedo adalah masalah kulit yang seringkali muncul dan sangat susah untuk dihilangkan. Pasalnya, komedo ini akan bersih dengan sendirinya namun juga bisa timbul kembali dengan jumlah yang lebih banyak.

Gak cuma di wajah, biasanya komedo juga timbul di daerah punggung, lengan, dada, bahkan bahu dan kerap mengganggu penampilan dan menurunkan percaya diri.

Komedo terbagi menjadi komedo hitam (blackhead) dan komedo putih. Permukaan komedo putih tertutup lapisan kulit dan berwarna putih. 

Sedangkan permukaan komedo hitam terbuka dan terpapar udara sehingga warnanya berubah menjadi cokelat atau hitam.

Menurut keterangan yang diterbitkan oleh alodokter.com, komedo tak menimbulkan rasa sakit, kecuali bila mengalami infeksi. 

Infeksi itu lah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bengkak sehingga muncul jerawat. Baik komedo hitam maupun putih sama-sama berpotensi menjadi jerawat.

Banyak orang yang tergoda untuk menekan komedo sehingga keluar. Namun, cara ini justru menyebabkan jaringan parut dan kerusakan kulit lainnya.

Namun, banyak cara menghilangkan komedo membandel dari wajah. Misalnya saja dengan rutin menggunakan produk skincare.

Melansir dari laman Healthline, seenggaknya ada 7 tips penggunaan skincare untuk hilangkan komedo yang bisa diterapkan, nih. 

Kalau ingin mencobanya, dibawah ini terdapat 5 skincare ampuh atasi komedo:

1. Asam salisilat

Pilih pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat alih-alih benzoil peroksida. Asam salisilat dikenal ampuh membersihkan wajah dari kotoran dan sisa riasan yang tertinggal di wajah. 

Asam salisilat juga dapat mengobati komedo dan komedo putih karena bisa memecah penyebab pori-pori tersumbat seperti minyak berlebih dan sel kulit mati.

Kalau tak terbiasa menggunakan sabun dengan asam salisilat, cobalah memulainya dengan frekuensi sedikit yakni seenggaknya sehari sekali. Setelah itu, usahakan gunakan paling tak dua kali sehari.

Banyak orang mungkin sensitif pada asam salisilat. Kalau kamu termasuk ke dalamnya, lebih baik hentikan penggunaan dan temukan cara lainnya untuk menghilangkan komedo.

2. Eksfoliator

Dahulu, banyak yang mengatakan kalau eksfoliasi bisa menghasilkan efek yang negatif pada wajah berjerawat. Padahal tak melulu demikian, lho. 

Eksfoliator tak disarankan digunakan pada jerawat meradang karena prosesnya bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Faktanya, eksfoliasi teratur bisa membantu mengatasi komedo dengan cara menghilangkan jumlah sel kulit mati yang berlebih yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pilih eksfoliator ringan dengan kandungan asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Asam glikolat adalah jenis AHA yang umum digunakan, sedangkan asam salisilat adalah bahan BHA yang paling menonjol.

Baca Juga: Menghilangkan Komedo Ternyata Gampang, Ikuti Cara Ini!!

Baca Juga: Say to Goodbye...4 Kebiasaan Ini Enggak Bakal Bikin Komedo Balik Lagi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.