Bunda pasti paham betul, cacingan menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang si kecil di usia dini. Si kecil rentan terkena cacingan karena kurang menjaga kebersihan. Sering bermain ditempat yang terkontaminasi telur cacing atau kebiasaan enggak mencuci tangan sebelum makan, bisa membuat si kecil dengan mudah terkena cacingan. Bun, cacingan pada si kecil harus segera ditangani atau akan berakibat fatal bagi kesehatannya, nantinya.

Biasanya, anak yang terkena cacingan bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Mulai dari sering ngeluh sakit perut, gatal di bagian anus, terlihat pucat dan lemas, hingga badannya yang terlihat kurus dan sulit membuat berat badannya bertambah.

Meski cacingan ini adalah hal umum yang sering terjadi, tapi harus segera ditangani. Biasanya, dokter akan meresepkan obat anti parasit atau obat-obatan oral. Enggak cuma obat dari resep dokter aja, kamu juga bisa mengobatinya lewat bahan-bahan alami lho, Bun.

Penasaran dengan bahan alami apa aja yang bisa digunakan untuk menghilangkan cacing pada tubuh si kecil? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020), berikut lima di antaranya.

Pepaya mentah

Bun, bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk obati cacingan si kecil adalah pepaya yang belum matang alias masih mentah. Pepaya mentah memiliki enzim yang disebut papain, di mana bertindak sebagai anthelmintik untuk mengancurkan cacing di usus.

Campurkan satu sendok makan pepaya mentah dan satu sendok makan madu dalam susu hangat atau air. Minum ramuan ini saat perut masih kosong untuk membantu menghilangkan cacing dari usus.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Si Kecil Super Cerdas Lho! Nomor 1 Favorit Sejak Lahir!