Menu

Hindari Moms! Bawa Penyakit untuk Anak, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Si Kecil Bolak-balik Sakit Perut!

12 September 2022 12:50 WIB
Hindari Moms! Bawa Penyakit untuk Anak, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Si Kecil Bolak-balik Sakit Perut!

Ilustrasi anak sedang sakit perut. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah si kecil sangat suka mengeluh bahwa ia mengalami sakit perut? Kalau iya, sudah bisa dipastikan bahw ada kebiasaannya yang harus diubah daripada harus ke dokter setiap kali merasakan sakit.

Mungkin saja, ada kebiasaan yang salah dilakukan sehingga anak mengeluh hal tersebut dan dokterpun tak tahu karena Moms tak memberi tahu kebiasaan si kecil.

Kegiatan-kegiatan ini mungkin sudah tertanam dalam diri anak kamu sehingga tak akan membuat perbedaan bagi kamu. Dilansir dari Times of India, berikut ini beberapa kebiasaan yang bikin anak bolak-balik sakit perut. 

Tangan kotor

Dari sekian banyak penyebab yang menyebabkan perut bermasalah, yang paling menonjol dan pasti adalah tangan yang kotor. Jika anak kamu sering memasukkan tangan ke dalam mulut, kemungkinan dia memindahkan banyak bakteri dan virus berbahaya ke dalam perut. Ini juga menarik perhatian pada fakta bahwa tangan anak kamu tak bersih setiap kali memasukkannya ke dalam mulut.

Karena itu perhatikan kebiasaan membersihkan dan frekuensi sanitasi anak kamu. Ajari anak kamu untuk membersihkan tangan setaknya beberapa detik setiap mencuci menggunakan sabun yang baik dan air bersih.

Alergi makanan

Kita sering mengabaikan bagian dari ilmu kedokteran ini. Bahkan makanan yang biasa dimakan seperti gandum di India, juga bisa menyebabkan alergi serius baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Kelalaian terhadap alergi ini memberikan waktu yang cukup untuk berkembang yang menyebabkan komplikasi parah.

Jika anak kamu sering mengeluh sakit perut, periksalah dapur kamu.

Sembelit

Tak, sembelit bukan hanya masalah orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalami kesulitan dalam mengosongkan usus. Jika anak kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas kamar mandi, kamu harus memeriksanya dengan anak kamu.

Sembelit kronis pada anak akan mempengaruhi kesehatan usus dan nafsu makan anak.

Baca Juga: Sering Sembelit? Coba Atasi dengan Buah Ini, Beauty!

Baca Juga: Kesal Karena Susah BAB? Coba Konsumsi 3 Makanan Ini, Dijamin Bagus untuk Pencernaan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.