Menu

Dijuluki 'Silent Killer' Ini 5 Fakta Mengerikan Gula untuk Kesehatan Tubuh, Cepat Kurangi Moms!

12 September 2022 14:45 WIB
Dijuluki 'Silent Killer' Ini 5 Fakta Mengerikan Gula untuk Kesehatan Tubuh, Cepat Kurangi Moms!

Gula pasir dan gula merah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms tahu gak sih kalau ternyata ada asupan yang masuk ke dlam tubuh yang terkadang tak disadari efek buruknya lho! Beberapa waktu lalu, situs Quora Indonesia membahas soal produk kemasan. Biasanya, produk kemasan sangat lekat dengan kalori atau lemak jahat di dalamnya. Namun, kali ini pembahasan soal kandungan jahat ternyata ada pada gula.

Pemanis satu ini memang berjuluk Silent Killer. Gula ada di setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Namun, pada makanan dan minuman kemasan, jumlahnya sangat tinggi, bahkan bisa melebihi kebutuhan harian gula orang dewasa setiap harinya.

“Sekali makan snack itu kita makan 21 gram gula… Makan gula 21 gram x 2 =42 gram. Padahal snack beginian biasanya habis dalam sekali makan,” tulis Prasasty Dinakandhi di Quora.

Snack yang ia maksud adalah kudapan cokelat dengan crispy di dalam. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan diabetes, di mana orang dengan diabetes tipe 2 biasanya tak menunjukkan gejala pada awalnya.

Lalu, kenapa gula bisa disebut sebagai Silent Killer atau pembunuh diam-diam? Berikut 5 fakta tentang gula, seperti yang dikutip dari Huffpost dam The Time:

1. Gula merusak jantung

Penelitian pada 2013 yang diterbitkan di Journal of American Heart Association membuktikan gula dapat mempengaruhi mekanisme pemompaan jantung sehingga meningkatkan risiko gagal jantung.

Molekul dari gula (dan juga pati) yakni glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6P) dapat mengubah protein otot jantung. Perubahan tersebut dapat menyebabkan gagal jantung.

2. Gula memicu timbulnya lemak perut

Lemak perut ini sebenarnya adalah lemak visceral yang menumpuk di sekitar organ vital, seperti hati, pankreas, dan usus. Lemak ini susah untuk dihilangkan.

Lemak perut berbahaya karena termasuk faktor risiko penyakit jantung dan diabetes. Penelitian Framingham Heart Study pada 2016 menunjukkan semakin banyak konsumsi minuman manis, maka dapat meningkatkan lemak visceral.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Obesitas Hingga Diabetes Intai Kesehatanmu Jika Banyak Konsumsi Gula

Baca Juga: Sering Merasa Lapar Meskipun Baru Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.