Menu

Kenali Diabetes Ketoasidosis, Tiga Jenis Bau badan Ini Menandakan Kadar Gula Darahmu Tinggi, Jangan Disepelein Ya Beauty!

13 September 2022 05:30 WIB
Kenali Diabetes Ketoasidosis, Tiga Jenis Bau badan Ini Menandakan Kadar Gula Darahmu Tinggi, Jangan Disepelein Ya Beauty!

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, seseorang yang didiagnosis dengan diabetes perlu memastikan bahwa mereka mampu mengelola penyakitnya dengan mengikuti obat yang diresepkan dokter, diet, dan olahraga yang tepat. Hal ini jelas akan mengurangi dampak penyakit pada kesehatan.

Di sisi lain, diabetes yang tak dikelola dengan baik dapat memperburuk kadar gula darah dan bahkan dapat naik ke tingkat yang berbahaya dan mematikan. Salah satu tanda gula darah tinggi adalah bau badan yang aneh, terutama pada napasmu, Beauty!

Karenanya, sangat penting untuk kita menyadari tanda-tanda ini dan mencari perawatan medis segera. Sebabnya, diabetes yang terabaikan dapat meningkatkan risiko stroke, amputasi, dan serangan jantung.

Bagaimana diabetes bisa menghasilkan bau badan?

Dikutip dari Times of India, Selasa (13/9/2022), diabetes ketoasidosis adalah salah satu efek samping diabetes yang mematikan. 

Komplikasi diabetes ini berkembang ketika tubuh tak memiliki cukup insulin untuk memungkinkan gula darah masuk ke sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Kemudian hati memecah lemak untuk bahan bakar, yang menghasilkan asam yang disebut keton. 

Ketika terlalu banyak keton diproduksi terlalu cepat, mereka dapat menumpuk ke tingkat yang berbahaya dalam darah dan urin . Reaksi ini terjadi di dalam hati, yang menyebabkan darah menjadi asam.

Kondisi ini dapat menghasilkan tiga jenis utama bau napas. Ini adalah tanda toksisitas. Keton meninggalkan tubuh melalui napas dan keringat kita, yang menyebabkan bau ini.

Mengidentifikasi bau terkait diabetes

Adapun, bau-bauan ini terkait dengan keton yang berlebihan dalam tubuh mungkin termasuk:

  • Bau buah pada nafas
  • Nafas yang berbau seperti kotoran. Ini bisa disebabkan oleh muntah yang berkepanjangan atau obstruksi usus
  • Napas dengan bau seperti amonia, yang biasanya terjadi pada orang yang mengalami gagal ginjal kronis.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.