Menu

Kerap Menyerang Wanita, 13 Tanda Kanker yang ‘Tak Biasa’ Ini Wajib Kamu Waspadai Beauty, Catat!

13 September 2022 10:15 WIB
Kerap Menyerang Wanita, 13 Tanda Kanker yang ‘Tak Biasa’ Ini Wajib Kamu Waspadai Beauty, Catat!

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu sedang khawatir bahwa gejala aneh yang kamu rasakan sekarang mungkin kanker? Maka, sangat penting untuk kamu gak malu, gak peduli apapun gejala yang kamu rasakan sekarang/

Ingat, diagnosis dini sangat penting untuk memberi pasien akses lebih cepat ke pengobatan dan peluang terbaik untuk bertahan hidup jangka panjang.

Ini berarti sangat penting bagi orang-orang untuk menyadari tanda dan gejala peringatan kanker dan mencari bantuan secepat mungkin. 

Dan dikutip dari Eat This, Selasa (13/9/2022), berikut 13 tanda atau gejala kanker pada wanita, yang beberapa di antaranya kurang umum dan perlu kamu waspadai. Simak baik-baik ya!

1. Merasakan Tekanan di Bagian Bawah Perut

Sering buang air kecil, bangun beberapa kali di malam hari, kembung, merasa kenyang setelah makan, ketidaknyamanan dan nyeri di perut atau panggul, atau mengalami perubahan kebiasaan buang air besar. Ini semua bisa menjadi tanda kanker ovarium.

2. Terdapat Darah di Feses

Ini mungkin merupakan tanda kanker usus. Bisa berwarna merah atau gelap dan jika itu karena kanker usus lebih mungkin bercampur dengan feses. 

Mungkin ada gejala lain seperti perubahan kebiasaan buang air besar. Misalnya, buang air besar lebih sering dari biasanya, sering buang air besar, atau terkadang sembelit dan masuk angin. 

Orang dengan kanker usus sering merasa bahwa mereka harus terus mengejan untuk buang air besar, meskipun mereka baru saja buang air besar dan tidak ada yang bisa dikeluarkan (tenesmus). Gejala yang lebih jelas termasuk benjolan di perut, nyeri, penurunan berat badan dan anemia.

3. Selalu Merasa Sakit

Ini bisa menjadi tanda kanker. Kanker dapat menghasilkan racun yang menyebabkan mual. Saat kanker tumbuh di dalam usus, mereka dapat memblokir perjalanan makanan melalui usus dan juga menekan organ lain. 

Beberapa kanker menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam aliran darah dan ini dapat menyebabkan penyakit. Kecemasan dan stres dapat memperburuk gejala.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Ini Gejala-Gejala Tak Terduga Kanker yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga: Bahaya! Inflamasi pada Tubuh Bisa Picu Kanker Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: