Menu

Rekomendasi Ahli Gizi! Ini ‘Kombinasi’ Menu Sarapan yang Cocok Banget Buat Diabetesi, Dijamin Gula Darah Aman Terkendali

13 September 2022 07:00 WIB
Rekomendasi Ahli Gizi! Ini ‘Kombinasi’ Menu Sarapan yang Cocok Banget Buat Diabetesi, Dijamin Gula Darah Aman Terkendali

Ilustrasi menu sarapan terbaik untuk diabetesi. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, memiliki gula darah tinggi tak berarti kamu harus meninggalkan makanan favoritmu. Yang jelas, kamu harus dapat mengatur gula darah sambil menikmati makanan lezat, tetapi mungkin diperlukan beberapa penyesuaian yang disengaja untuk menemukan pola makan yang paling sehat untuk mengelola kadar glukosamu.

Misalnya, cobalah memulai hari dengan sarapan yang sehat dan bergizi. Ini adalah cara yang bagus untuk mengelola glukosa darah. Tapi, apa yang secara khusus harus dilakukan saat sarapan untuk memastikan kita menghindari lonjakan gula darah?

Menurut Amy Goodson, MS, RD, CSSD, penulis LD dari The Sports Nutrition Playbook dan anggota Expert Medical Board, salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan saat sarapan untuk mengelola kadar gula darah adalah dengan ‘memasangkan’ makanan tinggi serat karbohidrat dengan beberapa protein.

Ini karena kedua nutrisi ini sangat penting untuk diet sehat bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi, karena karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah jika tidak dipasangkan dengan makanan yang memperlambat pencernaan.

"Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat bagi tubuh dan karena itu merupakan makronutrien yang paling cepat dicerna," kata Goodson, dikutip dari Eat This, Selasa (13/9/2022).

"Dan meskipun benar bahwa karbohidrat berserat tinggi (oatmeal, roti gandum 100%, dll) dicerna lebih lambat daripada karbohidrat olahan dengan tambahan gula (kue-kue sarapan manis, muffin, beberapa sereal, dll), mereka masih memiliki kemampuan untuk meningkatkan gula darah saat dimakan sendiri,” tambahnya.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.