Menu

Gak Cuma Atasi Pegal-pegal, Pijat Refleksi Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho, Sudah Tahu?

13 September 2022 15:30 WIB
Gak Cuma Atasi Pegal-pegal, Pijat Refleksi Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho, Sudah Tahu?

Pijat tangan dan jari. (Pixabay/andreas160578)

HerStory, Jakarta —

Pijat refleksi bisa dijadikan pilihan untuk memanjakan diri di sela-sela kesibukan. Pijat refleksi lebih fokus pada titik saraf tertentu pada tubuh.

Seperti yang kita tahu, pijat refleksi dilakukan untuk menghilangkan pegal-pegal dan rasa kaku pada tubuh. Namun, ternyata ada manfaat lain, lho.

Melansir dari berbagai sumber (13/9/2022), berikut ini beberapa manfaat pijat refleksi untuk kesehatan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengurangi cemas dan stres

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2014 menyebutkan bahwa pijat reflesi dapat mengurangi masalah depresi, kecemasan, dan gangguan tidur.

Pijatan di titik saraf yang tepat dapat memberikan efek menenangkan karena mampu meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh.

Mengurangi nyeri haid

Nyeri haid atau dismenore merupakan salah satu hal yang sering kali dikeluhkan para wanita pada saat haid atauu menstruasi. Dengan pijat refleksi, maka bisa mengurangi gejala nyeri haid yang mengganggu.

Baca Juga: Mengejutkan! Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Pijat Payudara

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! 5 Pengidap Penyakit Ini Tak Boleh Lakukan Pijat, Bahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita