Menu

Recommended Ahli, Ini 6 Trik Penurun Gula Darah dan Terbukti Berhasil Beauty! Yakin Gak Mau Coba?

14 September 2022 13:25 WIB
Recommended Ahli, Ini 6 Trik Penurun Gula Darah dan Terbukti Berhasil Beauty! Yakin Gak Mau Coba?

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

3. Rutin Periksa Kadar Gula Darah 

Powell menjelaskan, jika kamu telah didiagnosis dengan gula darah tinggi kronis, pra-diabetes atau diabetes (apakah tipe satu atau dua), maka penting bagi kamu untuk secara teratur memeriksa kadar gula darah dan mematuhi perawatan yang ditentukan oleh dokter. 

“Dalam beberapa kasus, kadar gula darah tidak dapat diatur tanpa bantuan obat-obatan tertentu, jadi meminumnya sesuai resep sangat penting untuk mencegah komplikasi,” ujarnya.

4. Tetap Terhidrasi

Lisa Richards, ahli gizi dan penulis Candida Diet mengatakan, ginjal adalah cara utama tubuh mengeluarkan kelebihan gula. Dengan tetap terhidrasi, ginjal bekerja lebih efisien dan efektif dalam proses ini. 

Ketika kita mengalami dehidrasi, kadar glukosa kita dapat dimulai. meningkat yang menyebabkan gula darah tinggi. Karenanya, minum banyak air juga membantu rehidrasi darah, yang membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah daripada naik dan turun dengan cepat. 

“Air adalah sumber hidrasi yang disukai, terutama bagi mereka yang menderita diabetes, daripada beralih ke minuman olahraga yang diisi gula. Ada pilihan hidrasi yang tersedia di pasaran, tetapi selalu periksa untuk memastikan mereka tidak mengandung tambahan gula atau karbohidrat berlebih,” terangnya.

5. Makan Serat

Trista Best, MPH, RD, LD, mengatakan, makanan tinggi serat larut adalah cara terbaik untuk mengelola gula darah dengan mencegah atau mengurangi lonjakan glukosa. 

Serat larut mampu meningkatkan sensitivitas insulin dengan menjadi sumber makanan bagi bakteri menguntungkan di usus. Ketika mikrobioma usus seimbang, bakteri ini lebih mampu mencerna makanan dan mengurangi respons insulin. 

Nah, bentuk serat ini juga akan memperlambat penyerapan gula oleh tubuh dan dengan demikian mencegah lonjakan gula darah. 

“Dengan memperlambat laju penyerapan, sel dapat menyesuaikan diri dengan insulin dan dengan demikian mengurangi kenaikan dan penurunan glukosa darah yang cepat. Sumber makanan serat larut termasuk kacang-kacangan, gandum, alpukat, ubi jalar, brokoli, biji rami, wortel, dan apel untuk menyebutkan beberapa saja,” tandasnya.

6. Konsumsi Lemak Sehat

Lebih lanjut, Powell juga mengatakan bahwa diet yang bergizi dan seimbang adalah cara yang efektif untuk mengendalikan diabetes. Ia pun menyarankan kita untuk menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti gorengan, dan apa pun dengan kadar garam dan gula yang tinggi. 

“Juga, perhatikan makanan dan minuman manis karena kita sering tidak memikirkan berapa banyak gula dalam minuman seperti jus, soda, minuman beralkohol, dan minuman olahraga. Lemak sehat, seperti salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian, juga merupakan cara yang bagus untuk membantu mengatur kadar gula darah,” pungkasnya.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!

Baca Juga: Simak Beauty.. 3 Hal Ini Sangat Baik Dilakukan di Pagi Hari, Dijamin Gak Bakal Bikin Kadar Gula Darah Naik!

Baca Juga: Waduh, Ini Tanda-tanda Gula Darah Rendah di Pagi Hari, Ternyata Penyebabnya Gegara...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: