Moms, apakah kamu seorang ibu bekerja? Kini ibu bekerja sudah bisa ditemukan di banyak perusahaan dan sudah menjadi hal yang biasa. Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa bahaya bagi ibu bekerja jika terlalu sibuk dengan pekerjaan karena hal ini bisa memengaruhi kesehatan anak di rumah, lho!

Penelitian ini dilakukan oleh Pusat Ilmu Sosial WZB Berlin yang menemukan bahwa anak berusia natara tiga hingga empat tahun memiliki risiko mengalami obesitas jika sang ibu bekerja lebih dari 35 jam seminggu. Namun, kebalikan dari hal tersebut, anak yang berusia antara 8 hingga 14 tahun justru cenderung enggak akan mengalami obesitas jika ibunya bekerja dengan waktu yang sama.

Hingga kini, hal tersebut masih belum diketahui pasti penyebabnya mengapa risiko obesitas yang terjadi bisa bervariasi tergantung dengan usia anak-anak. Namun, peneliti percaya bahwa memiliki lebih sedikit waktu bertemu dengan ibunya, seorang anak akan mendapatan kerugian yang membuat mereka bisa terkena risiko obesitas.

Sedangkan, pada anak-anak yang sudah lebih dewasa dan menginjak remaja, memiliki ibu yang bekerja justru memberikan keuntungan finansial dan psikologis bagi mereka, sehingga enggak memiliki dampak pada kesehatan tubuh mereka.

Selain itu, ternyata enggak hanya waktu bekerja yang bisa memengaruhi risko obesitas pada anak tetapi gaji juga bisa, lho! Ibu bekerja dari keluarga dengan pendapatan yang rendah hingga menengah biasanya memiliki buah hati yang berat badannya tinggi. 

Baca Juga: Anak yang Lahir Prematur Miliki Risiko Kebutaan Permanen, Lho! Waspada Moms!

Salah satu peneliti mengatakan bahwa ibu bekerja dapat memberikan keuntungan dan juga kerugian. Bagi peneliti tersebut, bekerja selama beberapa jam mungkin memiliki manfaat, namun jika hal tersebut juga tergantung pada kebutuhan perkembangan anak.