Menu

Baru Tahu Sekarang.. Ternyata Ini 5 Kebiasaan Sarapan Terburuk untuk Kekebalan Tubuh, Nomer 5 Sering Banget Dilakuin Nih!

15 September 2022 07:05 WIB
Baru Tahu Sekarang.. Ternyata Ini 5 Kebiasaan Sarapan Terburuk untuk Kekebalan Tubuh, Nomer 5 Sering Banget Dilakuin Nih!

Ilustrasi wanita sedang makan roti dan secangkir teh. (Unsplash/Emily Bauman)

HerStory, Bogor —

Beauty, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Sayangnya, saat ini pun kita memasuki musim penghujan juga. Itu artinya, kita harus terus memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga memiliki peluang untuk melawan musim dingin ini.

Selain suplemen dan olahraga tertentu dapat membantu kekebalan tubuh, kebiasaan makan yang kita pilih juga membuat perbedaan besar dalam kekuatan sistem kekebalan kita juga lho, Beauty. Bahkan ternyata, beberapa kebiasaan sarapan kita dapat menurunkan kekebalan tubuh dengan cara yang mungkin tidak kita sadari.

Terkait hal itu, Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness, dan Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, pun berbagi tentang kebiasaan sarapan yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita, Beauty. Apa saja ya?

1. Terlalu banyak menambahkan gula

Ketika berniat untuk makan menu sarapan yang akan membantumu memperkuat kekebalan tubuh, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali berapa banyak gula yang kamu konsumsi dalam makanan itu.

"Menu sarapan seperti sereal manis, kue kering, panekuk, dan wafel semuanya sarat dengan tambahan gula. Dan mengonsumsi terlalu banyak gula dari waktu ke waktu dapat berdampak negatif pada sel darah putih Anda, yang merupakan sel-sel di tubuhyang terlibat dengan melawan infeksi,” kata D'Angelo.

Dan menurut Manaker, bahkan jika kamu gak makan panekuk atau pancake setiap pagi, konsumsi gulamu bisa bertambah dengan cara yang tidak terduga.

"Antara apa yang kita tambahkan ke kopi, apa yang kita taburkan di oatmeal, dan apa yang kita nikmati di donat kita, gula tambahan dapat dikemas ke dalam sarapan, dan data menunjukkan bahwa terlalu banyak gula tidak mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat," kata Manaker.

Baca Juga: Memasuki New Normal, Kenali Cara Menjaga Kekebalan Tubuh saat Pandemi Virus Corona

Baca Juga: Waduh, Ini 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Melemah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.