Menu

Waspada Demam Berdarah! Ternyata Mengonsumsi 3 Makanan Ini Bisa ‘Menarik’ Nyamuk untuk Menggigit, Nomer 2 Pasti Kesukaan Kamu Banget Nih!

15 September 2022 09:15 WIB
Waspada Demam Berdarah! Ternyata Mengonsumsi 3 Makanan Ini Bisa ‘Menarik’ Nyamuk untuk Menggigit, Nomer 2 Pasti Kesukaan Kamu Banget Nih!

Ilustrasi nyamuk sedang menggigit. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu sering mendengar dengungan yang tak menyenangkan di dekat kepala dan kemudian mengalami serangan yang tak terhindarkan dari nyamuk yang menggigit lengan, kaki, dan bagian tubuhmu yang lain?

Ya, digigit nyamuk sangat tak menyenangkan. Kulit jadi membengkak dan terasa gatal di tempat gigitan terjadi. Belum lagi ancaman penyakit menular akibat gigitan nyamuk seperti malaria, zika, dan demam berdarah.

Tapi tahu gak, Beauty, selain warna pakaian yang dikenakan dan suhu tubuh, kini aroma napas dan kulit seseorang pun mendorong nyamuk untuk menggigit, lho. Hal-hal yang memengaruhi aroma badan seseorang termasuk fisiologi, kehamilan, susunan genetik, infeksi yang mendasarinya, dan mikrobioma kulit. 

Gak cuma itu, makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga dapat memengaruhi pernapasan dan mikrobioma kulit, lho. Penelitian baru menunjukkan bahwa mengubah jenis makan dan minum dapat mengubah daya tarik serangga pengganggu seperti nyamuk padamu, Beauty.

Tubuh manusia menghasilkan lebih dari 350 senyawa organik volatil (VOC/volatice oganic compound) yang berbeda. Dari VOC ini, nyamuk lebih tertarik pada beberapa diantaranya dan tidak tertarik pada yang lain.

Beberapa VOC yang dipelajari yang menarik nyamuk termasuk karbon dioksida, asam laktat (diproduksi saat berolahraga), aseton (dilepaskan saat dalam ketosis), amonia, dan senyawa organik yang diproduksi manusia lainnya.

Dan dikutip dari Eat This, Kamis (15/9/2022), berikut ini adalah temuan penelitian tentang faktor pilihan diet atau makanan yang dapat meningkatkan daya tarik nyamuk terhadap manusia.

Baca Juga: Salah Kaprah! 5 Penyakit ini Sering Dikira Masuk Angin, Padahal Bisa Bikin Pendek Umur!

Baca Juga: Sering Keliru karena Mirip, Ini 3 Perbedaan Demam Berdarah dan Covid-19 yang Harus Kamu Tahu

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.