Menu

Jarang Banget Disadari, Ini 7 Tanda Gula Darahmu Rendah Beauty, Please Jangan Diabaikan!

15 September 2022 11:15 WIB
Jarang Banget Disadari, Ini 7 Tanda Gula Darahmu Rendah Beauty, Please Jangan Diabaikan!

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kita semua tahu bahwa kelebihan gula dalam darah menyebabkan diabetes. Namun, kekurangan gula dalam darah atau gula darah rendah juga berefek negatif bagi kesehatan, lho. Oleh karena itu, meski takut dengan diabetes, kita tetap harus konsumsi gula agar tak terkena dampak negatif gula darah rendah.

Dan tahukah kamu, Beauty, gula darah rendah terjadi ketika kadar glukosa darah turun di bawah 70 mg/dL dan sementara siapa pun dapat mengalami kondisi tersebut.

Dr. Romy Block, spesialis bersertifikat di bidang kedokteran endokrin dan metabolisme, sekaligus anggota American Thyroid Association, mengatakan, gula darah rendah dapat disebabkan karena tak cukup makan, malnutrisi, kehamilan, kanker langka, dan efek samping obat termasuk diabetes dan obat-obatan lainnya.

Sementara itu, Laura McDermott MS, RDN, CD Ahli Gizi Diet Terdaftar dan Ahli Diet Bersertifikat dengan Grup Terapi Fisik RET, menambahkan, obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gula darah rendah, banyak di antaranya digunakan untuk membantu mengobati diabetes. 

Dr. Block pun mengatakan, gula darah adalah apa yang digunakan tubuh untuk memproses dan menghasilkan energi. Karenanya, penting untuk memasukkan karbohidrat sehat ke dalam makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan susu untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh. Lebih lanjut, ia pun mengatakan, gula darah rendah dapat menyebabkan gejala parah termasuk kejang, koma, dan kematian.

Ia pun menjelaskan, sebagian orang mengalami gejala gula rendah, tetapi mereka mungkin tak mengenali gejala tersebut. Ini dapat mencakup iritabilitas, kecemasan, palpitasi, kebingungan, dan kelelahan. 

“Gejalanya tidak spesifik, jadi penting untuk mengetahuinya. Makanlah makanan dan camilan dengan diet seimbang yang sehat. Jika gejala tak membaik dengan perubahan pola makan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membantu menilai hipoglikemia. Mereka mungkin merekomendasikan tes darah lanjutan, monitor glukosa berkelanjutan profesional, atau konseling nutrisi,” terangnya.

Dan dikutip dari Eat This, Kamis (15/9/2022), berikut adalah beberapa tanda kamu memiliki gula darah rendah, Beauty. Yuk simak!

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Waspada! 5 Tanda Kadar Gula Tinggi yang Tak Boleh Dihiraukan, Hati-hati Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.