Menu

Gak Cuma Orang Dewasa, Penyakit Jantung Juga Mengintai Anak, Sederet Gejala dan Cara Mencegahnya Ini Wajib Kamu Ketahui Moms!

15 September 2022 13:05 WIB
Gak Cuma Orang Dewasa, Penyakit Jantung Juga Mengintai Anak, Sederet Gejala dan Cara Mencegahnya Ini Wajib Kamu Ketahui Moms!

Ilustrasi penyakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Moms, gak cuma orang dewasa, anak-anak juga berisiko terkena penyakit jantung lho. Hanya saja, penyakit jantung pada anak-anak tak berhubungan dengan gaya hidup seperti pada orang dewasa. 

Namun, begitu penyakit jantung telah didiagnosis, intervensi tepat waktu sangat penting untuk hasil yang baik. Dan untuk ini pasien perlu berkonsultasi dengan spesialis jantung anak dan mengikuti saran pengobatan yang diberikan.

Terkait hal itu, Dr. Supratim Sen, Konsultan Senior (Kardiologi Pediatrik) Rumah Sakit Anak SRCC, yang dikelola oleh Narayana Health dan Roshan Kore, Sr. Ahli Gizi (Gizi dan Diet Pediatrik) di Rumah Sakit Anak SRCC, pun berbagi tentang tanda-tanda penyakit jantung pada anak-anak.

Haruskah anak-anak diuji untuk penyakit jantung?

Cacat jantung yang paling umum pada anak-anak adalah cacat jantung bawaan, yang dibawa sejak lahir. Cacat jantung bawaan utama dapat dideteksi dengan ekokardiografi janin selama kehamilan itu sendiri. Setelah bayi lahir, cacat jantung kritis dapat didiagnosis dan diobati dalam beberapa jam setelah lahir.

Namun, tak semua anak membutuhkan tes rutin terkait jantung. Yang pasti, anak-anak harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dengan dokter mereka, dan jika dokter anak mencurigai adanya penyakit jantung pada anak, mereka kemudian dirujuk ke Dokter Spesialis Jantung Anak. 

Selanjutnya, ahli jantung anak pun akan menilai anak secara detail dan melakukan ekokardiogram untuk mendiagnosis kelainan jantung dan memulai perawatan.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: