Menu

Bahayanya Bisa Fatal, 5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

15 September 2022 15:25 WIB
Bahayanya Bisa Fatal, 5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum air hangat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Saat hamil, Moms perlu mengonsumsi makanan yang menyehatkan agar dapat meningkatkan kesehatan janin. Tak semua makanan ternyata boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena ada yang bisa menyebabkan racun.

Untuk menghindari keracunan makanan saat hamil, berhati-hatilah untuk tidak memakan makanan yang tertinggal dari lemari es selama lebih dari dua jam (atau lebih dari satu jam dalam cuaca panas).

Pastikan untuk membatasi kafein hingga 200 mg sehari (satu cangkir kopi 12 ons). Selain itu, kira-kira makanan apa saja kah yang harus dihindari ibu hamil? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Daging olahan dan mentah

Daging olahan seperti potongan daging dingin, daging deli, hot dog, dan daging siap saji lainnya sebaiknya dihindari. Di sisi lain, daging mentah dan setengah matang juga perlu dihindari ibu hamil. Hal ini juga berlaku pada daging unggas seperti ayam dan kalkun.

2. Seafood mentah

Seafood serta makanan laut sangat bermanfaat untuk kesehatan janin karena mengandung berbagai vitamin serta mineral. Tetapi saat hamil, sebaiknya hindari dulu berbagai olahan ikan maupun seafood mentah. Sebab makanan berbahan dasar ikan mentah atau setengah matang seperti sushi, berisiko terkontaminasi bakteri Listeria. Infeksi bakteri tersebut bisa menyebabkan keguguran maupun gangguan kesehatan setelah bayi lahir.

3. Telur mentah

Sama seperti seafood mentah, telur mentah juga bisa terkontaminasi bakteri Salmonella yang dapat membuat ibu hamil mengalami keracunan makanan. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi telur setengah matang atau telur mentah saat hamil.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.