Meskipun tak baik untuk tubuh, kebiasaan begadang nyatanya masih dilakukan. Kamu mungkin terpaksa harus begadang jika harus mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor yang menumpuk. Tapi, bagaimana caranya agar kamu bisa bangun pagi dan tetap terlihat segar setelah semalaman begadang?

Kebiasaan begadang dapat mempengaruhi fungsi otak, membuatmu tak fokus dan kehilangan konsentrasi. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020) begini caranya agar bangun pagi setelah begadang dan tetap terlihat segar.

1. Tidur Sebentar

Kamu bisa tidur sebentar selama 10 menit saja. Tapi jangan terlalu lama, tidur sekitar 40 atau 45 menit, akan membuatmu merasa pusing ketika bangun. Hal ini disebut inersia tidur, dan terjadi ketika bangun dari tidur nyenyak.

2. Tetap terhidrasi

Salah satu cara untuk menghilangkan kantuk adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minumlah banyak air, minimal delapan gelas setiap hari. Dehidrasi hanya akan menambah rasa lelah dan membuatmu mengantuk. Namun, jangan minum minuman berenergi! Minuman ini mungkin bisa membuat tubuh terasa segar dengan cepat. Tapi efeknya hanya sebentar, kamu malah akan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Baca Juga: Moms, Ajari si Kecil Kebiasaan Bangun Pagi dengan 5 Tips Berikut Ini!