Menu

Gak Usah Bingung, Ini 3 Cara Masak Santan yang Sehat untuk Penderita Kolesterol

16 September 2022 12:55 WIB
Gak Usah Bingung, Ini 3 Cara Masak Santan yang Sehat untuk Penderita Kolesterol

Santan Kelapa (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Santan sering dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang bisa menyebabkan penyakit kolesterol. Padahal, di Indonesia sendiri banyak olahan makanan yang menggunakan santan. Mulai dari soto hingga rendang, bahkan sampai aneka gulai pasti menggunakan santan. 

Namun, jangan khawatir, Moms, ternyata ada caranya memasak santan supaya tidak menyebabkan kolesterol lho. Yuk, simak cara berikut ini!

Cara memasak santan yang sehat

1. Dimasak kurang dari 3 menit

Santan sebenarnya mengandung lemak baik, asam lemak, dan trigliserida yang mudah dibakar oleh tubuh. Cara memasak yang keliru bisa menyebabkan risiko naiknya kolesterol jahat dalam tubuh.

Cara tepat adalah memasak santan kurang dari 3 menit atau jangan terlalu lama dalam suhu panas. Apabila Anda memasak sayur lodeh atau kolak dengan santan, maka masukkan santan terakhir kali sebelum siap dihidangkan. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan mengubah lemak sehat menjadi kolesterol jahat.

2. Jangan dipanaskan berkali-kali

Santan yang dipanaskan terus menerus akan berubah menjadi minyak. Lapisan minyak ini berbahaya karena kandungan lemak jahat.

Itu berarti, hindari memanaskan makanan bersantan berkali-kali kecuali Anda mengonsumsinya dalam kondisi fit dan porsi kecil hingga sedang.

Baca Juga: Mampu Atasi Kolesterol Naik Saat Lebaran, Kamu Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Mengenal Sayur Okra, Makanan 'Super' Pembasmi Kolesterol

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.