Menu

5 Jenis Camilan yang Harus Dihindari Si Kecil, Bisa Jadi Bahaya Moms

19 September 2022 06:00 WIB
5 Jenis Camilan yang Harus Dihindari Si Kecil, Bisa Jadi Bahaya Moms

Anak sedang tertawa dan nyemil. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dibandingkan dengan makanan berat, biasanya si kecil lebih menyukai untuk makan camilan, entah itu camilan yang rasanya manis maupun asin, tapi Moms tahu kah di balik cemilan yang disukai si kecil ada bahaya yang mengintai, jadi Moms perlu hati-hati ya

Maka dari itu Moms perlu tahu makanan-makan yang harus dihindari si kecil, berikut ini adalah camilan berbahaya untuk anak, yang harus Moms batasi jumlahnya dan ganti dengan panganan yang lebih sehat buatan sendiri.

1. Permen rasa buah

Permen kenyal atau permen lunak warna warni dengan rasa buah adalah favorit anak-anak. Sayangnya, camilan yang satu ini tak baik untuk kesehatan anak karena kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi.

Makanan kemasan dengan perisa buah yang mengklaim bahwa produknya terbuat dari jus buah dan sayur juga tak 100ik. Kandungan gulanya tetap saja tinggi.

Daripada memberikan camilan rasa buah yang mengandung gula tinggi, lebih baik memberikannya buah asli. Buah-buahan memiliki gula alami dan mengandung vitamin yang lebih sehat untuk anak.

2. Makan Siang Kemasan

Mengambil makan siang siap saji yang dijual di toko swayalan, departement store, atau bahkan minimarket memang mudah dan cepat. Tetapi, kepraktisannya juga memiliki risiko tersendiri karena semua makanan yang ada di sana sudah diolah sedemikian rupa.

Makanan tersebut juga tinggi lemak dan kalori yang bisa melebihi kebutuhan asupan kalori anak dalam sehari. Lebih baik bekali anak kotak makan siangnya sendiri dengan menu buatan Moms yang sehat dan nikmat sehingga anak tak perlu jajan di kantin.

3. Biskuit

Biskuit - baik yang manis maupun yang asin - adalah makanan ringan yang mudah didapat dan juga disukai anak. Namun ternyata, makanan praktis ini juga termasuk ke dalam camilan berbahaya untuk anak.

Biskuit asin memberikan asupan sodium yang berlebih pada anak. Ini sama berbahayanya dengan asupan gula berlebih yang bisa merusak otak anak.

Cara mengatasinya, Moms bisa membuat sendiri biskuit maupun kue kering dengan takaran gula dan sodium yang jauh lebih sedikit dibanding produk sejenis di pasaran.

Baca Juga: Anak Alami Obesitas? Ini Dia Asupan Makanan yang Baik untuk Mengurangi Berat Badan Anak!

Baca Juga: Moms, Si Kecil Selalu Lapar? Berikut Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebihan pada Anak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab The Asian Parent.

Oleh: Ida Umy Rasyidah