Menu

Jadi Penyebab Utama Kematian, Ahli Gizi Sebut Ini Kebiasaan Makan Terburuk Pemicu Kanker Usus Besar, Please Jangan Lagi Dikonsumsi Beauty!

19 September 2022 10:10 WIB
Jadi Penyebab Utama Kematian, Ahli Gizi Sebut Ini Kebiasaan Makan Terburuk Pemicu Kanker Usus Besar, Please Jangan Lagi Dikonsumsi Beauty!

Ilustrasi kanker usus (Yale University/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker usus besar atau juga dikenal sebagai kanker kolorektal adalah salah satu diagnosis kanker paling umum yang dihadapi mereka yang tinggal di Amerika Serikat, menurut Cancer.org.

Faktanya, American Cancer Society memperkirakan bahwa lebih dari 106.000 kasus baru kanker usus besar akan didiagnosis pada tahun 2022 saja di atas 44.850 kasus baru.

Selain itu, kanker kolorektal adalah salah satu penyebab utama kematian terkait kanker, yang merupakan salah satu alasan mengapa kita ingin menghindari penyakit ini jika memungkinkan. Itu juga mengapa kamu akan tertarik untuk mengetahui bahwa sebuah studi baru telah menentukan kebiasaan makan terburuk untuk kanker usus besar.

Dalam studi BMJ yang diterbitkan pada 31 Agustus 2022, para peneliti melihat tiga studi terpisah yang melibatkan lebih dari 200.000 profesional perawatan kesehatan di Amerika Serikat. 

Sekitar 46.000 peserta adalah pria sementara hampir 160.000 adalah wanita. Awalnya memberikan informasi mengenai kebiasaan makan mereka melalui kuesioner setiap empat tahun, mereka secara eksplisit ditanya tentang jumlah makanan ultra-olahan yang mereka makan dan seberapa teratur.

Ketika peneliti menindaklanjuti dengan peserta 25 tahun kemudian, mereka menemukan bahwa 1.294 pria telah didiagnosis menderita kanker usus besar bersama dengan 1.922 wanita. Mereka juga menemukan bahwa pria yang makan lebih banyak makanan ultra-olahan, 29% lebih mungkin didiagnosis menderita kanker usus besar bahkan ketika variabel lain dipertimbangkan.

"Studi ini sangat menarik. Ini membuktikan hubungan antara diet dan obesitas dengan kanker kolorektal," kata Dr. Radhika Smith, MD, ahli bedah kolorektal Universitas Washington di Siteman Cancer Center, dikutip dari Eat This, Senin (19/9/2022). 

Baca Juga: Gawat! Milenial Rentan Kena Kanker Usus Besar, Ini Pemicunya

Baca Juga: Recommended Banget, 6 Makanan Ini Gak Cuma Jadi Benteng Kanker Usus, tapi Juga Bisa Halau Diabetes, Cuss Makan Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.