Menu

Waduh! Cacar Monyet Sudah Menyerang Ibu Hamil, Yuk Kenali Gejalanya Moms

19 September 2022 09:45 WIB
Waduh! Cacar Monyet Sudah Menyerang Ibu Hamil, Yuk Kenali Gejalanya Moms

Kasus monkeypox atau cacar monyet semakin banyak ditemukan di banyak negara di dunia.(Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pandemi Covid-19 belum usai, kini muncul penyakit cacar monyet yang menggemparkan dunia. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai kondisi kesehatan darurat dunia.

Cacar monyet banyak dialami oleh kelompok pria gay dan biseksual. Meski begitu, penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox ini dapat dialami oleh siapapun.

Untuk pertama kalinya sejak mewabah di Amerika Serikat, Badan Kesehatan Amerika (CDC) melaporkan adanya kasus cacar monyet pada ibu hamil.

"Ada kasus (cacar monyet) seorang wanita hamil yang melahirkan," kata Dr. John Brooks, Kepala Petugas medis di divisi pencegahan HIV di CDC, dikutip dari TODAY, Senin (19/9/2022).

Pada konferensi pers yang dilakukan pada akhir pekan lalu, John Brooks juga mengatakan bahwa penularan cacar monyet dapat terjadi melalui plasenta.

Akan tetapi, hingga saat ini tak ada indikasi sang buah hati yang dilahirkan terpapar monkeypox. John juga mengatakan kalau saat ini, sekarang ada lebih dari 3.500 kasus cacar monyet yang tercatat di AS. Dan ada lebih dari 19.000 kasus di seluruh dunia.

Sejauh ini, sebagian besar kasus cacar monyet dalam wabah global ini terjadi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Tetapi, para ahli selalu menekankan bahwa virus dapat menyebar ke orang-orang di luar populasi tertentu, seperti yang ditunjukkan oleh kasus pada ibu hamil.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari