Menu

Punya Kebiasaan Minum Kopi Sebelum Sarapan? Awas, Gula Darah Bisa Auto Meroket, Ini Alasannya...

22 September 2022 06:37 WIB
Punya Kebiasaan Minum Kopi Sebelum Sarapan? Awas, Gula Darah Bisa Auto Meroket, Ini Alasannya...

Secangkir kopi. (Pixabay/Anja)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu memiliki kebiasaan minum kopi sebelum sarapan pagi? Kalau iya, kamu harus segera hindari dan berhati-hati dengan kebiasaan yang satu ini.

Kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan perlu diwaspadai untuk orang-orang yang sensitif dengan kenaikan kadar gula darah.

Melansir dari laman Eat This, Not That! (22/9/2022), senyawa yang bertanggung jawab akan hal ini adalah kafein yang terkandung di dalam kopi.

Mengonsumsi kafein ternyata bisa memberikan efek yang signifikan pada gula darah, terutama jika seseorang sudah mengalami diabetes atau pradiabetes.

Menurut studi pada 2020 yang dilakukan oleh peneliti Inggris mengungkapkan, kebiasaan minum dua cangkir kopi sebelum sarapan bisa meningkatkan kadar gula darah hingga 50%.

Ada dua alasan utama mengapa mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum sarapan bisa meningkatkan kadar gula darah.

Pertama, protein bernama adenosine dihalangi oleh kafein. Adenosine ini berperan untuk memberi tahu tubuh mengenai seberapa banyak insulin yang perlu dibuat dan membantu sel-sel tubuh dalam membuat dan membantu sel merespons insulin dengan efektif.

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Waspada! 5 Tanda Kadar Gula Tinggi yang Tak Boleh Dihiraukan, Hati-hati Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.