Menu

Bikin Mental Stabil, Ini 5 jenis Makanan yang Pereda Stres yang Aman untuk Dikonsumsi, Nomor 3 Sehat Banget!

22 September 2022 14:50 WIB
Bikin Mental Stabil, Ini 5 jenis Makanan yang Pereda Stres yang Aman untuk Dikonsumsi, Nomor 3 Sehat Banget!

Ilustrasi wanita sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Biasanya ketika tubuh merasa tak nyaman karena adanya suat tuntutan dan tekanan untuk memenuhi keseharian, akan terasa sangat stres untuk menjalaninya dan menyelesaikan kewajiban.

Ketika merasakan hal ini, hormon kortisol diproduksi secara berlebihan dan akhirnya menyebabkan detak jantung lebih cepat, napas lebih cepat, dan bagian otot menegang. Kamu pernah merasakannya Beauty?

Adanya gangguan stres ini ditanggapi oleh tubuh sesuai dengan keadaan tubuh, dapat berupa positif maupun negatif. Tanggapan negatif ini berupa cemas, takut ditandai dengan keluarnya keringat dingin di sekujur tubuh atau telapak tangan, pusing ataupun mual.

Agar tubuh merespons positif walaupun kita menghadapi stres, maka tubuh harus mengumpulkan amunisi untuk memperbanyak hormon serotonin atau hormon kebahagiaan yang dapat memperbaiki suasana hati, yaitu dengan memakan sesuatu yang sehat dan bergizi.

Dirangkum dari hellosehat.com, terdapat lima jenis makanan pereda stres adalah sebagai berikut:

1. Buah

Buah jeruk dan keluarga beri seperti stroberi, rapsberi, blueberi adalah buah – buah yang dapat mengurangi tingkat karena karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan stres oksidatif dalam tubuh. Dalam Journal of Biological Scientes, studi di Pakistan menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C bagi peserta 500 mg per hari efektif mengurangi tingkat stres.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.