Menu

Cek Sekarang Beauty, Jika Kamu Mengalami 7 Kondisi Kulit Ini Tandanya Ada Penyakit ‘Menyeramkan’ Bersarang Tubuh, Waspada Ya!

23 September 2022 12:10 WIB
Cek Sekarang Beauty, Jika Kamu Mengalami 7 Kondisi Kulit Ini Tandanya Ada Penyakit ‘Menyeramkan’ Bersarang Tubuh, Waspada Ya!

Ilustasi ketiak hitam. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kulit kita adalah organ luar biasa yang berfungsi sebagai pelindung dari zat berbahaya. Kulit memiliki banyak peran penting seperti kontrol suhu, produksi vitamin D, mencegah hilangnya kelembaban dan banyak lagi.

Tak perlu dikatakan lagi, merawat kulit sangatlah penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Memperhatikan sinyal peringatan seperti ruam, perubahan warna, atau noda baru dapat mengindikasikan masalah yang lebih besar dan mengabaikan perubahan dapat merusak kesehatanmu, Beauty.

Dan dikutip dari Eat This, Jumat (23/9/2022), Dr. Tomi Mitchell, selaku Dokter Keluarga Bersertifikat Dewan dengan Strategi Kesehatan Holistik, pun akan membagikan apa yang perlu diketahui tentang kulit dan tanda-tanda yang harus diwaspadai karena dapat mengindikasikan sesuatu yang ‘menakutkan’. Yuk simak, Beauty!

1. Ketiak Gelap

Dr. Mitchell menjelaskan, beberapa kondisi medis dapat menyebabkan penggelapan kulit di bawah lengan, seperti hiperpigmentasi dan akantosis nigrikans. Akantosis nigrikans adalah kondisi kulit yang ditandai dengan perubahan kulit yang tebal, gelap, seperti beludru. Biasanya terjadi pada lipatan tubuh, seperti bagian belakang leher, ketiak, dan selangkangan. 

Meskipun dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia atau ras, ini paling sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak yang obesitas. Akantosis nigrikans tidak berbahaya atau menular, tetapi dapat mengindikasikan kondisi medis yang mendasarinya. 

Penyebab paling umum dari acanthosis nigricans adalah resistensi insulin, sering terlihat pada orang dengan diabetes tipe 2 atau pradiabetes. Kondisi ini juga dapat dikaitkan dengan gangguan hormonal tertentu, seperti penyakit Cushing dan sindrom ovarium polikistik. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, acanthosis nigricans dapat disebabkan oleh obat atau kanker tertentu. Perawatan untuk acanthosis nigricans berfokus pada menghilangkan gejala dan mengatasi penyebab yang mendasarinya.

Jika kondisi ini disebabkan oleh obesitas, penurunan berat badan dan olahraga mungkin direkomendasikan. Obat-obatan juga dapat diresepkan untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin atau mengelola ketidakseimbangan hormon.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Ini Gejala-Gejala Tak Terduga Kanker yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga: Bahaya! Inflamasi pada Tubuh Bisa Picu Kanker Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: