Moms selain mengenyangkan, beras merah punya segudang manfaat yang baik untuk ibu hamil lho! Sama seperti namanya, beras merah memiliki warna merah. Beras jenis ini dianggap lebih baik dari beras putih karena mengandung lebih banyak serat, protein, dan antioksidan alami yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Meski teksturnya lebih padat dan rasanya sedikit hambar dari nasi putih, namun beras merah kaya akan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020) berikut manfaatnya.

1. Sumber Energi

Beras merah yang mengandung tinggi akan karbohidrat merupakan asupan makanan memberi rasa kenyang lebih lama dibanding beras putih. Pada beras merah, ibu hamil juga mendapatkan energi dari protein. Walaupun tak begitu banyak, tambahan asupan protein ini bisa membawa cukup banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, kenaikan gula darah pada tubuh menjadi lebih stabil sehingga Moms tak mudah merasa lelah. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berbeda dengan beras putih, dalam prosesnya beras merah hanya ditumbuk untuk menghilangkan sekamnya, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tak rusak. Warna merah alami pada beras merah juga menandakan bahwa beras ini mengandung antosianin yang bersifat antioksidan, anti hipertensi, anti hiperglikemik, dan anti kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi beras merah akan terhindar dari berbagai gangguan kehamilan yang dapat berefek buruk pada janin. Selain kestabilan tubuh, sistem metabolisme juga akan terjaga dan membuat ketahanan tubuh ibu dan janin lebih kuat.

Baca Juga: Moms Hobi Makan Mangga? Ternyata Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil!