Diare sebenarnya merupakan salah satu cara alami tubuh membersihkan diri dari kuman, virus, atau zat berbahaya yang masuk ke dalam saluran cerna. Diare yang disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh sendiri dalam 2–5 hari. Meski demikian, kondisi ini dapat membuat anak terlihat lemas dan mengalami dehidrasi.

Penting bagi Moms untuk memberikan Si Kecil makanan dan minuman yang cukup agar ia tercegah dari dehidrasi. Beberapa pilihan makanan saat anak kena diare bisa membantu meringankan gejalanya. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/10/2020) berikut makanan yang dianjurkan saat anak diare.

1. Pisang

Tekstur buah pisang yang mudah dicerna dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang ketika anak, kehilangan cairan dan nutrisi karena diare. Selain itu, berikut beberapa kandungan di dalam pisang yang ampuh sebagai obat diare anak. Potassium baik untuk pencernaan dan mengatasi dehidrasi. Vitamin dan kalium dapat meningkatkan energi tubuh. Serat bisa memulihkan fungsi usus sehingga feses bisa menjadi padat kembali. Dengan kombinasi kandungan tersebut, buah pisang secara universal dikenal sebagai sumber energi instan untuk tubuh manusia. 

2. Apel

Apel kaya akan pektin yang membantu masalah diare pada anak. Cara mengonsumsi apel untuk mengatasi diare pada anak sangatlah mudah. Moms hanya perlu mencuci apel, rebus dengan air, dan haluskan agar lembut dan mudah dicerna. Pure apel tidak hanya mencegah gerakan longgar pada perut, tetapi juga akan memberi anak energi yang sangat dibutuhkan.