Menu

9 Cara untuk Cegah Kehamilan dalam Waktu Dekat, Dipastikan Ampuh Moms!

27 September 2022 12:55 WIB
9 Cara untuk Cegah Kehamilan dalam Waktu Dekat, Dipastikan Ampuh Moms!

Ilustrasi seorang wanita yang mendapati hasil tes pack negatif karena hamil anggur. (Freepik/lenblr)

HerStory, Bandung —

Terdapat beberapa cara jika Moms tak ingin segera hamil dalam waktu dekat setelah menikah. Salah satunya ialah dengan mengikuti program Keluarga Berencana (KB). Kira-kira apa saja cara untuk mencegah kehamilan dalam waktu dekat? Yuk, simak penjelasan berikut ini Moms! 

1. Tidak berhubungan seksual di masa subur

Masa subur atau ovulasi adalah saat di mana ovarium melepas sel telur. Berhubungan seksual pada masa ini memiliki peluang sangat tinggi untuk hamil. Oleh karena itu, Moms harus hindari masa ini, ya.

2. Memberikan ASI eksklusif 

Ternyata memberikan ASI eksklusif tak hanya bermanfaat untuk bayi, tetapi juga untuk mencegah kehamilan lho. Hal ini bisa menghambat ovulasi dan menstruasi pada ibu yang baru melahirkan.

3. Senggama terputus (Coitus Interruptus)

Jika ingin berhubungan seksual di masa subur tapi Moms tetap tak ingin hamil dalam waktu dekat, Moms bisa coba menggunakan cara senggama terputus.

4. Kondom

Alat ontrasepsi ini sangat ringkas dan mudah didapat. Moms bisa mendapatkannya di apotik atau supermarket. Selain itu, kondom juga bisa mencegah infeksi penyakit menular seksual (PMS).

5. Pil KB

Tingkat keberhasilan pil KB dalam mencegah kehamilan bisa sangat tinggi lho. Sekitar 90 persen dengan catatan dikonsumsi secara rutin sesuai anjuran dokter. Namun, pil KB memiliki sisi negatif bagi Moms, antara lain nyeri payudara, mual hingga gairah seksual yang menurun.

Baca Juga: Berencana Cegah Kehamilan Gunakan Pil KB? Jangan Kaget! Ini Efek Sampingnya

Baca Juga: Begini Cara 'Main' Aman Cegah Kehamilan Tanpa Kondom, Mantap Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.