Menu

Penderita DBD Wajib Waspada, Ini Bahaya Siklus Pelana Kuda yang Harus Diwaspadai

27 September 2022 15:55 WIB
Penderita DBD Wajib Waspada, Ini Bahaya Siklus Pelana Kuda yang Harus Diwaspadai

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Bandung —

Pasus penyakit DBD kini semakin meningkat dikarenakan adanya peralihan ke musim hujan. Hal ini pun segera menjadi perhatian Kementerian Kesehatan dengan memberikan imbauan untuk mewaspadai siklus pelana kuda. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PM) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa pihaknya berharap bisa melaksanakan upaya pengenalan risiko dan pengendalian sejak dini supaya kasus bisa ditekan. Lalu, apa itu siklus pelana kuda yang harus diwaspadai? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa Itu Siklus Kuda Pelana?

Siklus pelana kuda merupakan sebutan bagi tiga fase demam yang bergerak naik dan turun pada pasien Dengue. Fase pertama ditandai dengan demam tinggi dalam kisaran 40 derajat Celcius pada hari pertama dan ketiga setelah masa inkubasi virus yang dibawa dari gigitan nyamuk betina Aedes Aegypti.

Pada fase kedua atau yang dikenal sebagai fase kritis, ditandai dengan penurunan demam mencapai 30 derajat Celcius pada hari keempat hingga kelima. Pada fase itu, demam pasien turun drastis seolah telah sembuh.

Fase terakhir adalah masa penyembuhan di hari keenam hingga ketujuh yang ditandai dengan demam kembali tinggi, sebagai reaksi dari kesembuhan.

Masyarakat diimbau agar waspada jika terjadi demam yang tidak turun dalam dua hingga tiga hari dan disertai dengan bintik merah. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk jangan menunda ke rumah sakit atau Puskesmas karena bisa menjadi penyebab kematian.

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Golongan Darah O Rentan Terkena Penyakit DBD

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.