Menu

Waspada! Cegah Penyakit Jantung Bawaan Bayi Sejak Dini, Ini Cara yang Bisa Moms Lakukan! Apa Saja?

03 Oktober 2022 13:25 WIB
Waspada! Cegah Penyakit Jantung Bawaan Bayi Sejak Dini, Ini Cara yang Bisa Moms Lakukan! Apa Saja?

Ilustrasi perut kencang saat hamil. (Freepik/yanalya)

HerStory, Jakarta —

Moms apakah kamu memiliki ketakutan terbesar ketika mengandung seperti tak bisa melakukan yang terbaik untuk si kecil? Namun hal itu jangan terlalu dipikirkan karena pasti ada jalan keluarnya seperti penyakit yang kemungkinan diidap oleh janin meski dalam kandungan lho Moms.

Kini penyakit kelainan jantung sangat mudah ditemui pada bayi meski sejak dalam kandingan. Menurut dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K), FIHA, merupakan kelainan pada struktur dan fungsi jantung.

Kelainan ini, lanjut dia dapat terjadi pada dinding jantung, katup jantung, maupun pembuluh darah yang ada di dekat jantung. Akibatnya, dapat terjadi gangguan aliran darah di dalam tubuh pasien; misalnya terjadi sumbatan aliran darah, atau darah mengalir ke jalur yang tak semestinya.

Tentu saja, hal tersebut jika tak terdeteksi dan tak terobati sampai dewasa akan berisiko menyebabkan gagal jantung dini hingga kematian. Sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi pada satu tahun pertama kehidupan, penyakit jantung bawaan sebenarnya sangat bisa dihindari. 

"Kunci pencegahan penyakit jantung bawaan adalah dilakukannya pemeriksaan sebelum kehamilan dan selama kehamilan," jelas dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K), FIHA, dalam acara bersama Yayasan Jantung Indonesia di Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

Baca Juga: Jangan Disepelekan Beauty, Ternyata Polusi Udara Bisa Jadi Pemicu Kanker Paru-paru!

Baca Juga: Kenalan dengan Program Fertility Benefit dari Merck untuk Moms dan Dads yang Sedang Merencanakan Promil, Intip Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan